androidvodic.com

Minta PYCH Dibangun di Provinsi Lain, Jokowi: Anggaran Tak Masalah Selama Bermanfaat - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Usai meresmikan Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kota Jayapura, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta adanya wadah serupa di provinsi lain seperti Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Aceh.

PYCH di Jayapura punya nilai kontrak pembangunan sebesar Rp 95,05 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Saat ditanya soal besarnya anggaran jika PYCH dibangun di provinsi lain, Jokowi mengatakan gelontoran dana negara yang besar bukan menjadi masalah.

"Tidak ada masalah, anggaran itu akan jadi bermanfaat kalau memang barang-barang yang ada itu dimanfaatkan," kata Jokowi seperti dikutip Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (21/3/2023).

Baca juga: Resmikan Gedung PYCH Jayapura, Jokowi Minta Bangun Lagi di NTT, Papua Barat, Maluku, dan Aceh

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan anggaran tidak menjadi masalah selama pemanfaatannya dirasakan oleh masyarakat.

Terlebih, kata Jokowi, kehadiran PYCH di Jayapura direspons baik oleh anak muda setempat.

Sehingga pembangunan PYCH di lokasi lain diharapkan dapat dilakukan.

Adapun Jokowi menerangkan bahwa PYCH ini melingkupi berbagai bidang mulai dari peternakan, perikanan, industri kreatif, aplikasi platform, fashion, musik maupun fotografi.

"Nggak ada masalah, jadi ini bukan masalah anggaran. Tapi karena kita melihat ini sesuatu yang bagus, dan direspons oleh anak muda sangat cepat, sangat baik, kenapa kita nggak copy ke provinsi yang lain," ungkap dia.

Sebagai informasi, bangunan yang telah diresmikan orang nomor satu di Indonesia tersebut dibangun di atas lahan seluas 15.000 meter persegi, dengan luas bangunan 3.520 meter persegi, dan bangunan penunjang seluas 1.812 meter persegi.

Gedung PYCH itu berjarak 11 km dari pusat kota Jayapura.

Nilai kontrak pembangunan gedung tersebut sebesar Rp 95,05 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Pengerjaan proyek Gedung PYCH tersebut dimulai sejak 21 September 2021 sampai Desember 2022.

Gedung itu terdiri dari dua lantai yang meliputi diantaranya adalah gedung utama, asrama, tempat olahraga, aula, dan ruang kesehatan.

Gedung PYCH di Papua memiliki tempat parkir yang mampu menampung 53 mobil dan 154 motor.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat