androidvodic.com

Koordinasi dengan Penyalur KUR, Kementan Upayakan Permudah Petani Milenial Akses Permodalan - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) menegaskan komitmen untuk terus mendorong kemudahan akses permodalan usaha bagi petani milenial.

Dalam kerangka itu, Kementan menggelar pertemuan dengan lembaga keuangan penyalur KUR dengan tema 'Melalui Sinergi dan Harmonisasi dengan Lembaga Keuangan Penyalur KUR Guna Meningkatkan Akselerasi Akses KUR Petani Milenial' di Ruang Auditorium Gedung D Lantai 1 Kementan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mendorong petani milenial untuk membangun sektor pertanian secara masif dan berkelanjutan.

Menurutnya, milenial merupakan tulang punggung pertanian di masa depan.

Baca juga: Ciptakan Ekosistem Bisnis Bagi Petani Milenial, Kementan Gandeng Pemerintah Provinsi dan Kabupaten

"Petani milenial harus mampu menjadi pilar utama pembangunan pertanian yang berkelanjutan dan modern. Mengapa demikian, sebab pangan di dunia itu sangat dibutuhkan," ujar Mentan Syahrul dalam keterangannya, Rabu (22/3/2023)

Dikatakannya, petani milenial dengan segala kreativitasnya memerlukan dukungan penuh untuk mengembangkan pertanian ke arah yang semakin maju, mandiri dan modern.

Mentan menegaskan jika pemerintah sudah menyiapkan akses permodalan maupun sarana dan prasarana pertanian.

Baca juga: Pemerintah Terus Mendorong Produksi Kedelai dengan Libatkan Petani Milenial

Khusus untuk modal, Kementan menyiapkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai dukungan terhadap jalanya usaha tani.

"Karena itu, fokus petani milenial adalah membangun kelembagaan dan membangun networking. Fokus pada pengembangan komoditas." kata Mentan Syahrul.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi menambahkan, Kementan terus berkomitmen meningkatkan jumlah wirausahawan muda di bidang pertanian.

Salah satu dukungan yang diberikan kepada petani milenial adalah dengan memberikan akses kepada KUR.

"Kami ingin memastikan bahwa petani milenial dapat mengakses KUR dengan mudah. Petani milenial memiliki kualitas SDM unggul yang perlu didukung untuk mengembangkan sektor pertanian kita," kata Dedi.

Dikatakan Dedi, generasi milenial merupakan SDM pertanian yang menjelma menjadi otak gerakan pertanian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat