androidvodic.com

Para Menteri Jokowi Apresiasi Hadirnya Gedung PYCH, saatnya Anak Muda Papua Berkreasi - News

News, JAKARTA - Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang megah serta dilengkapi berbagai fasilitas bagi anak muda Bumi Cendrawasih telah diresmikan, Selasa (21/3/2023) kemarin.

Presiden Jokowi bersama Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan meresmikan gedung PYCH sebagai sarana pengembangan bagi talenta-talenta muda Papua agar ke depan bisa memajukan tanah Papua.

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju pun turut hadir dalam peresmian gedung PYCH, di antaranya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Menparekraf Sandiaga Uno dalam kesempatan tersebut mengatakan hadirnya gedung PYCH membuat bangga masyarakat Papua, khususnya anak-anak muda.

"Ini gedung luar biasa. Dalam waktu sekitar 450 hari, gedung yang berkearifan lokal dibangun dengan cepat dan berkualitas baik bisa dihadirkan masyarakat Papua, khususnya anak muda," kata Sandiaga dilansir Rabu (22/3/2023).

Sandi mengatakan gedung PYCH sangat mendukung ekonomi kreatif karena di dalamnya terdapat UMKM-UMKM yang tumbuh dan berkembang di PYCH Store binaan anak muda Papua.

"Ini tentu berpengaruh pada ekonomi kreatif. Saya sangat mengapresiasi dan sukses untuk Papua Youth Creative Hub," ucapnya.

Baca juga: Warga Sipil Tewas Ditembak OTK di Kabupaten Puncak Papua Tengah

Sandi berkomitmen kementeriannya akan membantu UMKM dan industri kreatif seperti kriya khas Papua, batik, fashion, dan lain sebagainya.

"Kami akan bantu mulai dari pelatihan, pendampingan, pemasaran, hingga perizinan dan pelaporan hak kekayaan intelektual yang tadi sudah didaftarkan. Terakhir pembiayaan. Kami akan bantu dari perbankan atau nonperbankan untuk membantu para pelaku ekonomi kreatif di sini," katanya.

Di tempat yang sama, Menteri Sosial Tri Rismaharini juga memberikan apresiasi kepada Presiden Jokowi yang telah mewujudkan wadah bagi anak muda Papua dalam mengembangkan talenta-talenta mereka.

"Terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah memberikan karya yang indah untuk anak bangsa di Papua. Sekarang guys, anak muda Papua, kalian punya tempat untuk berkreasi," kata Risma.

Dengan adanya PYCH, Risma berharap anak muda Papua bisa membawa nama baik Papua hingga ke penjuru dunia.

"Bawa nama Papua, bukan hanya di Indonesia, melainkan juga seluruh dunia. Selamat berkarya dan selamat untuk perjuangan kalian. Sukses selalu untuk anak muda Papua. Salam," ucapnya.

Untuk diketahui, beragam program yang sudah berjalan di gedung PYCH dapat diikuti anak-anak muda Papua dari berbagai kalangan dan daerah, meliputi pelatihan dan pengembangan minat bakat bahkan pembinaan kewirausahaan sekaligus pemasaran.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat