androidvodic.com

Korban Gagal Ginjal Akut pada Anak yang Masih Dirawat Disebut Butuh Banyak Biaya - News

Laporan Wartawan News Rahmat W. Nugraha

News, JAKARTA - Tim kuasa hukum korban Gagal Ginjal Akut Pada Anak (GGAPA) Tegar Putu Hena menyebutkan bahwa korban GGAPA yang masih dirawat butuhkan banyak biaya.

"Semua korban baik yang anaknya meninggal ataupun masih kondisi berjuang, rawat jalan apapun istilahnya, itu membutuhkan perhatian dari kita semua," kata Tegar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (28/3/2023).

Tegar melanjutkan anak korban GGAPA yang meninggal mungkin itu tidak bisa tergantikan dengan berapa rupiah pun yang diberikan.

"Tapi paling tidak dengan adanya santunan itu menunjukkan ada empati ada tanggungjawab dari para pihak. Sementara bagi korban-korban yang masih berjuang untuk bisa normal kembali justru membutuhkan lebih banyak lagi bantuan dan uluran tangan," jelasnya.

Hal itu menurut Tegar dikarenakan biayanya lainnya selain rumah sakit ditanggung sendiri oleh para korban.

"Karena selain biaya pengobatan yang ditanggung BPJS. Ada biaya lain-lain, misalnya ongkosnya, kemudian ada dari orang tua yang harus berhenti bekerja karena 24 jam menjaga anaknya. Ada dampak kemudian secara ekonomi bisa dirasakan langsung oleh keluarga itu juga harus dipikirkan," kata Tegar.

Baca juga: Kuasa Hukum Korban Gagal Ginjal Akut pada Anak Sindir Menkes dan Mensos Tak Pahami Perasaan Korban

Tegar menegaskan para korban GGAPA yang sudah meninggal maupun masih dirawat butuh perhatian terlebih dari pemerintah.

"Menurut saya seluruh korban baik yang sudah meninggal maupun yang masih berjuang itu berhak mendapatkan perhatian dari semua pihak apalagi pemerintah," tegasnya

Adapun diberitakan sebelumnya Nurasiah seorang ibu yang anaknya jadi korban gagal ginjal akut berharap apa yang telah ia alami tidak dirasakan oleh orang lain.

"Harapannya dengan adanya gugatan ini masalah seperti ini tidak terulang kembali. Karena anak kita bukan hanya satu di lingkungan juga banyak anak-anak yang lain," kata Nurasiah kepada News di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (9/3/2023).

Nurasiah berharap apa yang ia rasakan tidak dirasakan oleh orang lainnya kehilangan anak tercintanya.

"Biar saja saya saja yang merasakan yang lain tidak perlu merasakan apa yang saya rasakan," jelasnya.

Kemudian Nurasiah juga berharap pemerintah bertanggungjawab kepada anak-anak korban gagal ginjal akut yang saat ini masih dirawat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat