androidvodic.com

Piala Dunia U-20 Batal, Pengamat: Berdampak Pada Kontestasi Ganjar di Pilpres - News

News, JAKARTA - Sebelum Piala Dunia U-20 2023 akhirnya batal dilaksanakan di Indonesia, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sempat terlibat dalam isu ini terkait penolakannya terhadap Timnas Israel.

Pengamat Politik Arifki Chaniago menilai pernyataan Ganjar tersebut dan menurutnya tentu akan berdampak dalam kontestasi pilpres mendatang. 

Dampak yang akan terlihat, jelasnya, yakni pengaruh Ganjar secara elektoral. 

"Ganjar ini kan salah satu calon capres potensial di 2024. Pernyataanya yang ikut menolak Timnas Israel dengan berdampak dibatalkannya Indonesia tentu berpengaruh secara elektoral," kata Arifki dalam keterangannya, Kamis (30/3/2023).

Arifki tidak menyalahkan penolakan yang keluar dari mulut Ganjar. Namun, dampak dari batalnya Piala Dunia U-20 ini akan berpengaruh terhadap pemilih muda penyuka sepakbola khususnya.

"Ganjar menolak itu tidak salah, tetapi dengan dibatalkannya piala dunia tentu banyak pemilih muda penyuka bola yang menganggap Ganjar ikut bagian dari pembatalan ini," ujar Arifki. 

Lebih lanjut, Arifki menjelaskan pernyataan Ganjar jika dilihat dari semangat ideologi dan sikap politik Indonesia terhadap Israel sudah benar. 

Namun, kelompok anak muda yang tergolong milenial dan Z tentu tidak terlalu peduli dengan hal itu.  

"Jika kita ikuti percakapan di media sosial Ganjar sendiri, netizen ikut menyalahkan Ganjar atas kegagalan Indonesia sebagai tuan rumah," tuturnya. 

Selain itu, sikap politik Ganjar yang berbeda dengan Jokowi soal Timnas Israel memperlihatkan bahwa Ganjar berada pada posisi yang berbeda.

Perbedaan pendapat ini bisa saja berdampak terhadap dukungan Jokowi terhadap Ganjar di Pilpres 2024.

" Kejadian ini mungkin saja menyebabkan Ganjar untuk dikaji lagi sebagai harapan penerus Jokowi," jelas Arifki.

"Jokowi berkemungkinan mengalihkan dukungan terhadap figur lain yang tergolong sebagai orang presiden. Ya, ada Prabowo, Airlangga, atau figur lain", sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, kabar pembatalan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia itu tersiar lewat laman FIFA, Rabu (29/3/2023) malam.

Baca juga: Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia, Pengamat: Apa Betul Karena Penolakan Ganjar dan Koster

"Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023," tulis FIFA dalam laman resminya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat