androidvodic.com

Ganjar Disebut Blunder soal Timnas Israel, Bagaimana Nasib Elektabilitas & Dukungan Jokowi di 2024? - News

News, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dinilai blunder atas sikapnya menolak kehadrian Timnas Israel di Piala Dunia U20 2023 yang sedianya digelar di Indonesia.

Pasca-penolakan tersebut kemudian banyak yang bertanya bagaimana elektabilitas Ganjar dan dukungan Jokowi terhadapnya di Pilpres 2024?

Banyak yang meyakini bahwa blunder itu dianggap bisa berpengaruh pada sikap Presiden Joko Widodo yang sebelumnya mengisyaratkan sinyal dukungan buat Ganjar maju ke panggung Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa mengatakan sikap Ganjar tersebut belum tentu merupakan sikap pribadi.

Ia menilai sangat mungkin sikap Ganjar menolak kehadiran timnas Israel di Indonesia merupakan keputusan partai untuknya yang harus dijalankan.

"Saya kira Ganjar adalah kader PDIP jadi soal pilihan pasti mengikuti dengan keputusan dan sikap parpolnya yang menolak. Sikap PDIP ini sebenarnya memiliki riwayat historis dengan sikap politik Bung Karno apalagi PDIP berkiblat pada ajaran Soekarno sehingga mempengaruhi pilihan dan sikap," ujarnya kepada News, Jumat (31/3/2023).

Baca juga: Batalnya Gelaran Piala Dunia U20 Disebut Ubah Peta Politik, Jokowi Bisa Tak Lagi Dukung Ganjar

Herry menilai, pasca-kejadian ini sangat mungkin elektabilitas Ganjar akan tergerus, apalagi soal penolakan atas Israel ini kaitannya dengan olahraga sepak bola yang segmen elektoralnya didominasi oleh pemilih muda, nasionalisme dan pro perubahan.

"Namun sebagai catatan, manuver Ganjar yang disebut orang sebagai blunder ini jadi ajang pembuktian bahwa dia masih sesuai dan berada di garis perjuangannya PDIP, taat pada keputusan Ketua Umum PDIP."

Bagaimana dengan dukungan Jokowi? Herry meyakini jika kebanyakan pemilih di Indonesia tergolong "mudah melupakan" hal-hal yang sifatnya non ideologis.

"Artinya soal ini, Jokowi masih melihat peluang baik Ganjar, Prabowo maupun menteri lainnya untuk dicalonkan."

Pendapat berbeda

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menilai penolakan perhelatan Piala Dunia U-20 di Indonesia oleh FIFA akan menjadi game changer pada Pilpres 2024 mendatang.

Ia menilai akan ada perubahan dan pergeseran dukungan capres (calon presiden) yang akan didukung oleh Jokowi buntut dari penolakan perhelatan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Menurutnya, Jokowi tidak akan lagi berpihak kepada Ganjar perkara berbeda sikap soal Piala Dunia U-20.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat