androidvodic.com

TNI AL Bersama Baznas Laksanakan Ekspedisi Ramadan di KRI Radjiman Widyodiningrat 992 - News

Laporan Reporter News, Naufal Lanten

News, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama TNI Angkatan Laut menggelar kegiatan Ekspresi (Ekspedisi Ramadan Penuh Inspirasi) Pesantren Kilat Ramadan di KRI dr Radjiman Wedyodiningrat (992).

Dimulainya ekspedisi ini ditandai dengan upacara pembukaan pesantren kilat (sanlat) Ramadan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priuk, Jakarta Utara, Kamis (6/4/2023).

“Dengan mengucap bismilllahirrahmanirrahim, pda hari ini Kamis, tanggal 6 April 2023, pukul 17.20 WIB, Ekspedisi Ramadan Penuh Inspirasi tahun 1444 Hijriah saya nyatakan dimulai,” kata Muhammad Ali dalam amanat upacara.

“Saya ucapkan selamat datang di kolinlamil kepada hadirin, undangan, dan seluruh peserta,” lanjut dia.

KSAL mengatakan Ramadan merupakan bulan yang istimewa sehingga menjadi momentum meningkatkan ibadah dan ketaatan.

Baca juga: TNI AL Lepas Ekspedisi Jala Citra 3 Flores, Diharapkan Gali Potensi Bawah Laut Timur Indonesia

“Sebagai bentuk pendekatan diri kepada Allah, TNI bersama Baznas RI menggelar kegiatan ekspedisi ramadhan oenuh inspirasi yang dibalut dengan kegiatan pesantren kilat di KRI dr. Radjiman,” katanya.

Muhammad Ali mengatakan sebanyak 300 pelajar SMA dari wilayah DKI Jakarta untuk mengikuti kegiatan pesantren kilat Ramadhan di atas KRI. Nantinya KRI akan berlayar menuju Kepulauan Seribu Jakarta mulai 6 hingga 9 April 2023.

Selama tiga hari, para peserta akan melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan seperti salat berjamaah, salat tarawih, mengkaji ilmu-ilmu agama serta mendapatkan pembekalan yang inspiratif dari para narasumber.

Selain itu, para peserta nantinya juga akan diperkenalkan dengan kehidupan dan tradisi di kapal perang, termasuk dalam hal buka puasa dan sahur di KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992.

Baca juga: TNI AL Kirim Tim SAR Bantu Kapal Pengangkut BBM yang Terbakar di Perairan Ampenan Lombok

“Harapan saya kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada peserta,” kata Muhammad Ali.

Pada saat yang sama, Kepala Baznas Noor Achmad mengucapkan terima kasih atas kerja sama Baznas dengan TNI AL ini.

Terlebih, kata dia, ini pertama kalinya KRI dr Radjiman Wedyodiningrat (992) digunakan untuk kegiatan ekspedisi Ramadan.

“Saya sangat bangga dan terenyuh dengan kerja sama ini karena Saya juga baru melihat kapal sebaru ini yang, diperuntukkan untuk para santri mengikuti pesantren kilat kerja sama TNI AL dengan Baznas RI,” kata Noor.

“Menurut informasi dari KSAL tadi, kapal ini baru beberapa bukan diresmikan, dan pelayaran pertama resmi digunakan untuk para santri,” lanjut dia.

Noor pun berharap kegiatan ini mendapat keberkahan, terutama di bulan Ramadan

“Hari ini ingin kami pastikan bahwa insyallah kader yang akan mengikuti pesantren Ramadan adalah kader NKRI yang inshakallah paham Alquran,” ucapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat