androidvodic.com

Jokowi akan Fungsikan Sejumlah Ruas Tol yang Telah Rampung Untuk Mudik - News

News, JAKARTA - Pemerintah terus berupaya mengurangi kemacetan pada arus mudik 2023.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sejumlah ruas tol yang konstruksinya sudah rampung akan difungsikan meski belum dibuka secara resmi.

"Tol-tol yang konstruksinya sudah selesai ini menjelang Lebaran akan dibuka untuk bisa dimanfaatkan dalam rangka mengurangi kemacetan," kata Jokowi di Pasar Cepogo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah, Senin (10/4/2023).

Antisipasi kemacetan mudik menjadi sangat penting karena jumlah pemudik pada lebaran tahun ini meningkat signifikan. Presiden memprediksi jumlah pemudik mencapai 123 juta orang.

“Melompat dari 86 juta ke 123-124juta (pemudik),” kata Jokowi.

Oleh karena itu Jokowi meminta para Menteri, Kepala Lembaga, serta Kepala Daerah yang wilayahnya menjadi tujuan mudik untuk melakukan antisipasi.

"Saya sudah memperingatkan menteri perhubungan kapolri menteri BUMN yang menyangkut transportasi laut, para gubernur para bupati dan wali kota betul-betul menyiapkan diri," pungkasnya.

Sebelumnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya akan mengoptimalkan jalur Solo-Yogyakarta pada arus mudik 2023. Pemerintah akan mengoperasikan secara fungsional jalan tol Solo-Yogyakarta yang saat ini masih dibangun.

Pemudik dari arah Solo tidak perlu lagi masuk ke Kartosuro apabila hendak ke Yogyakarta.

“Yang kedua, Solo-Yogya yang dari exit Jalan Tol dari Semarang Solo nanti kalau orang mau ke Jogja enggak perlu lagi ke Kartosuro,” kata Basuki usai rapat intern di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, (5/4/2023).

Dengan seperti itu, pemudik bisa menghindari sekitar 7 lampu merah. Harapanya jalur arus mudik di wilayah tersebut tidak terlalu macet.

“Karena biasanya lewat Kartosuro baru belok ke Kandang Menjangan-nya Kopassus, nah itu enggak perlu lewat situ tapi bisa langsung ke Sawit, itu lumayan bisa membantu kelancaran, bisa membantu lebih mencairkan kemacetan di situ,” katanya.

Baca juga: Cara Cek Tarif Tol Secara Online untuk Mudik Lebaran 2023

Selain itu Basuki juga melaporkan sejumlah tol yang bisa digunakan untuk membantu arus mudik. Diantaranya dibukanya tol Cisumdawu di Jawa Barat,  yang diharapkan tembus dari Cileunyi sampai Dawuan. Tol tersebut kata Basuki diharapkan akan mulai dibuka pada 15 April 2023

"Rencananya tanggal 15 sudah bisa kita buka fungsional. Karena ada yang daerah-daerah longsor nah itu kita lagi tangani dengan dua lajur minimal,” pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat