androidvodic.com

Apa Itu QRIS dan Bagaimana Cara Menggunakannya? Simak Penjelasannya Berikut Ini - News

News - Simak penjelasan mengenai pengertian apa itu QRIS, lengkap dengan cara menggunakan.

QRIS adalah kepanjangan dari QR Code Indonesian Standard.

Kini, QRIS telah menjadi alat saluran pembayaran yang dapat dilakukan secara mudah melalui ponsel hanya dengan men-scan barcode yang disediakan untuk transaksi.

QR Code yang digunakan untuk melakukan transaksi ini merupakan jenis barcode dua dimensi yang terdiri dari tiga kotak hitam yang disusun dalam kotak persegi di sekitar sudut kiri bawah, kiri atas, dan kanan atas barcode, dan modul yang terdiri dari piksel, yang dapat menyimpan alfanumerik. 

Mengutip dari bi.go.id, QR Code yang digunakan untuk QRIS ini menjadi data, karakter, dan simbol, yang digunakan untuk memfasilitasi transaksi pembayaran tanpa kontak melalui teknologi pemindaian.

QRIS adalah kode QR standar yang disetujui Bank Indonesia untuk pembayaran di Indonesia.

Baca juga: Iman Mahlil, Tersangka Penipuan Bermodus Ganti QRIS Kotak Amal Masjid Pernah Kerja di Bank BUMN

QRIS saat ini digunakan oleh industri semua transaksi pembayaran yang difasilitasi oleh suatu kode QR.

Setiap aplikasi yang memiliki fitur QRIS ini umumnya bisa memindai dan membaca QRIS dalam kode QR di setiap merchant yang berpartisipasi.

Transaksi QRIS menggunakan sumber pendanaan berupa simpanan dan/atau alat pembayaran seperti kartu debit, kartu kredit, dan/atau uang elektronik berbasis server. 

Transaksi QRIS dibatasi hingga nilai maksimal Rp10 juta per transaksi.

Dengan adanya transaksi menggunakan QRIS, orang-orang dapat melakukan pembayaran sangat mudah hanya dengan melalui ponsel.

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa didapatkan saat melakukan pembayaran melalui QRIS.

Baca juga: Soroti Aksi Pria Penempel Stiker QRIS Palsu di Masjid Jakarta, Kemenag: Pencurian Dana Umat

Setiap orang yang memiliki ponsel dengan kamera dan konektivitas data, serta akun pembayaran elektronik dapat melakukan pembayaran melalui QRIS.

Para konsumen bisa menggunakan aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik atau mobile banking yang memiliki fitur pembayaran dengan QR Code.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat