androidvodic.com

VIDEO Menag Yaqut Cholil Qoumas Sebut Petugas Haji Adalah Ujung Tombak Pelayanan Jemaah Haji - News

News, JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan para petugas haji menjadi ujung tombak dalam mencapai capaian kepuasan layanan kepada jemaah haji.

Hal ini disampaikan Menag saat membuka Bimbingan Teknis Terintegrasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab saudi Tahun 2023 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (12/4/2023).

"Jika tadi disampaikan capaian kepuasan jemaah terhadap pelayanan haji tahun lalu indeksnya di atas 90 tentu betul bahwa ini bukan kerja Kementerian belaka," ujar Gus Yaqut.

Menag mengibaratkan Kemenag dan Komisi VIII DPR RI seperti pakaian.

"Jadi ujung tombak adalah petugas-petugas seperti saudara ini."

"Jadi tidak ada dasar apapun tanpa kesungguhan petugas. Indeks kepuasan bisa mencapai 90 dan ini terbaik sepanjang 10 tahun terakhir menjadi semua bertumpu pada saudara-saudara sekalian sebagai para petugas haji Indonesia di Arab Saudi," ucapnya.

Ia juga berpesan agar para petugas memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji.

"Sebagaimana pelayanan kepada orang tua sendiri, kepada saudara sendiri, Kakak sendiri,suami istri sendiri."

"Berikan pelayanan yang terbaik kepada mereka semua," ucapnya.

Pesan untuk Petugas Haji 2023

Pelaksanaan haji tahun ini berbeda dengan tahun yang lalu.

Kuota haji tahun ini normal, yakni 221 ribu jemaah. 203.320 diantaranya jemaah reguler, 30 persennya jemaah lansia dan sisanya jemaah haji.

“Diperlukan bukan hanya keterampilan, kemampuan tapi juga hati. Pelayan harus ada keterlibatan perasaan dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji,” ujar Menag.

Oleh karena itu, ia menekankan kepada petugas untuk bisa memberikan pelayanan kepada jemaah haji sebagaimana pelayanan kepada orang tua sendiri maupun saudara sendiri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat