androidvodic.com

Kapolri Tinjau Langsung Titik Rawan Macet saat Arus Mudik di Jalan Tol dan Arteri Via Udara - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memantau langsung situasi arus mudik lebaran 2023 via udara melalui helikopter, Sabtu (15/4/2023).

Adapun jalur yang dipantau yakni di wilayah Jakarta, Cikampek, Cirebon, Bandung dan daerah sekitarnya.

Pemantauan ini dilakukan untuk melihat secara langsung terkait situasi terkini arus mudik apakah sudah sudah terjadi peningkatan volume kendaraan di titik-titik rawan macet.

Tinjauan udara Kapolri tersebut juga sebagai komitmen menindaklanjuti instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mewujudkan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2023 jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. 

Listyo sebelumnya memastikan pihaknya terus mematangkan kesiapan serta melakukan evaluasi dalam rangka mengamankan arus mudik dan balik Lebaran 2023. 

Baca juga: Kapolri: Rekayasa Lalu Lintas Diadakan Agar Mudik Lebaran Terkelola Dengan Baik

Listyo menyatakan, kesiapan yang terus dibahas dan dilakukan diantaranya terkait dengan penerapan rekayasa lalu lintas (lalin) berupa Contra Flow, One Way, hingga Ganjil-Genap saat arus mudik-balik Lebaran 2023.

"Walaupun pada puncak arus, pasti akan terjadi peningkatan arus yang menyebabkan kondisi kemacetan, karena memang kapasitas jalan terisi volume yang lebih besar dari biasanya. Sehingga kita perlu mengadakan rekayasa mulai dari ganjil-genap, one way, contra flow sampai rekayasa-rekayasa yang lain," kata Sigit usai memberikan bantuan sembako di Kantor PP Persis, Bandung, Jawa Barat, Sabtu, (15/4/2023).

Lebih lanjut, Listyo menuturkan strategi rekayasa lalu lintas di jalan tol tersebut perlu dipersiapkan agar perjalanan mudik tahun ini bisa lebih baik, aman, dan lancar.

Apalagi, diprediksi pada tahun ini jumlah pemudik diprediksi akan mengalami peningkatan.

"Ini semua kita lakukan agar proses perjalanan mudik betul-betul bisa terkelola dengan baik dan masyarakat bisa sampai tujuan mudik dengan lancar dan juga harapan kita semuanya selamat," ujarnya.

Mantan Kabareskrim Polri ini juga memberikan imbauan kepada semua masyarakat yang melakukan perjalanan mudik untuk mengikuti seluruh aturan yang telah disiapkan demi menjamin terwujudnya keamanan dan kenyamanan. 

"Hati-hati dijalan, jangan memaksakan. Kemudian ikuti informasi terkait mudik, ikuti aturan yang sudah dibuat. Sehingga semuanya bisa melaksanakan mudik aman, tertib dan menghindari risiko kecelakaan yang mungkin terjadi di jalan," ucap Listyo. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat