androidvodic.com

Mudik Gratis Polri Presisi 2023, Kapolri: 23 Ribu Pemudik Diberangkatkan ke 4 Provinsi, Termasuk DIY - News

News - Sebanyak 23.000 orang akan diberangkatkan ke tujuan mudik, yakni Jawa Tengah hingga Jawa Timur, mulai hari ini, Selasa (18/4/2023).

Polri telah menyiapkan program mudik gratis 'Polri Presisi' untuk masyarakat Jakarta yang ingin mudik pada Lebaran 2023.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo; Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi; dan PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono; melepas keberangkatan bus yang mengangkut para pemudik pada Selasa ini.

Menurut Listyo Sigit, Program Mudik Gratis dilaksanakan selama dua hari, dengan tujuan empat provinsi.

"Dilaksanakan mulai hari ini-besok, ada 23 ribu pemudik yang akan kita diberangkatkan ke tujuan masing-masing, di empat provinsi dan 14 kabupaten, meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY," katanya dalam tayangan Kompas TV, Selasa (18/4/2023).

Kapolri menyebut, program ini menyediakan 434 yang digunakan untuk mengantar pemudik.

Baca juga: Jumlah Pemudik Merak Menuju Bakauheni Alami Penurunan pada H-5 Lebaran 2023

Dalam perjalanannya, Kapolri memastikan bus akan dikawal oleh petugas keamanan.

Hal itu dilakukan guna menciptakan rasa aman dan lancar.

"Dengan program ini dalam perjalanannya dikawal anggota, dari sisi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan diharapkan bisa lebih baik."

"Kegiatan ini adalah upaya sesuai arahan Kemenhub untuk bagaimana yang pertama kita mengurangi beban kapasitas dari jalan tol dengan mengadakan mudik gratis ini."

"Sehingga jumlah kendaraan pribadi baik roda dua dan empat bisa dikurangi dan bisa dialihkan lewat mudik bersama ini," ungkap Listyo Sigit.

Ia berharap, melalui program mudik gratis ini dapat mengurangi volume kendaraan di jalan tol.

"Harapannya program ini bisa membantu terhadap masyarakat yang mengikuti program ini, mengurangi resiko terhadap penambahan beban kapasitas, resiko lakalantas di jalan bisa dikurangi," ucapnya.

Polri membuka pendaftaran mudik gratis Polri Presisi dari 29 Maret - 12 April 2023 kini sudah ditutup.
Polri membuka pendaftaran mudik gratis Polri Presisi dari 29 Maret - 12 April 2023 kini sudah ditutup. (Istimewa)

Baca juga: Lelah saat Perjalanan Mudik? Istirahat Dulu di Bilik Istirahat Rest Area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek

Sebelumnya, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman, mengatakan tercatat sudah 23.000 orang mendaftar untuk mengikuti program layanan mudik gratis Polri Presisi untuk dapat ke kampung halaman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat