androidvodic.com

Selain Mudik, Kapolri Sebut Masyarakat Manfaatkan Program Balik Mudik Gratis Polri - News

News, JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo baru saja melepas para pemudik yang mengikuti kegiatan mudik gratis Polri 2023 di Monas, Jakarta Pusat.

Nantinya, selain mudik gratis, Polri juga menyiapkan kegiatan program balik mudik gratis untuk masyarakat yang akan kembali ke DKI Jakarta dan sekitarnya.

"Kemudian tentunya kita siapkan juga kalau memang kalau memang masyarakat yang ingin kegiatan baliknya juga gratis," kata Listyo kepada wartawan di Monas, Jakarta Pusat, Selasa (18/4/2023).

Mantan Kabareskrim Polri ini mengatakan masyarakat bisa melapor ke Polres di wilayahnya masing-masing untuk mengikuti program balik mudik gratis.

"Nanti bisa melapor ke Polres setempat untuk kemudian didatakan dan disiapkan untuk program balik gratis," jelasnya.

Lebih lanjut, Listyo menyebut program balik mudik gratis ini nantinya diharapkan bisa menarik minat masyarakat yang akan kembali untuk beraktivitas di Ibu Kota.

"Kita berangkatkan (mudik gratis) kurang lebih 434 bus dan yang menampung 23 ribu orang, harapan kita baliknya juga kita upayakan bisa sama," jelasnya.

Meski begitu, jumlah untuk program balik mudik gratis itu masih tentatif tergantung kapasitas kendaraan yang ada di daerah masing-masing.

"Tentu kita akan upayakan seoptimal mungkin sehingga harapan masy yang ikut mudik gratis nanti pada saat baliknya bisa mengikuti program balik gratis," ungkapnya.

Sebelumnya, Polri resmi melepas 23.439 pemudik yang mengikuti program mudik gratis Polri Presisi 2023 di lapangan silang Monas, Jakarta Pusat, Selasa (18/4/2023).

Listyo mengatakan dalam kegiatan ini, adanya sebanyak 434 bus yang diberangkatkan dengan dibagi dua kloter yakni hari ini dan besok, Rabu (19/4/2023).

“Pada hari ini akan kita laksanakan kegiatan mudik gratis Polri Presisi. Sebagaimana dilaporkan bahwa awalnya targetnya 20 ribu tapi pada saat dibuka pendaftaran dalam waktu dua hari sudah masuk diangka 23 ribu,” kata Listyo di Monas.

Listyo menyebut program mudik gratis ini digelar karena melihat adanya lonjakan pemudik sebesar 44,8 persen atau dari 85 juta pada tahun lalu menjadi  124 juta pemudik.

Nantinya, bus yang disediakan dalam program ini akan mengantarkan para pemudik yang bertujuan ke 14 kabupaten di empat provinsi di Pulau Jawa.

"Tadi sempat kita menanyakan bahwa memang mudik gratis menjadi salah satu pilihan favorit karena di satu sisi bisa dinikmati oleh masyarakat yang ingin mudik kemudian juga bisa sampai ditujuan masing-masing sesuai dengan yang diharapkan yang lain adalah karena ini dijaga, dikawal tentunya bisa sampai tujuan mudik dengan selamat,” ujarnya.

Baca juga: H-4 Arus Lalu Lintas Naik 30 Persen, Kapolri Perkirakan Ada Lonjakan Pemudik Malam Ini

Untuk hari ini, ada sebanyak 130 bus yang yang akan diberangkatkan. Sedangkan untuk besok, Polri memberangkatkan pemudil dengan 304 bus.

"Tujuan perjalanan terbanyak wilayah Jawa Tengah mendekati prioritas pertama 26,45 persen, Jatim kedua, Jawa Barat ketiga, Jabodetabek  keempat, dan DIY," ungkapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat