androidvodic.com

Upacara HUT Ke-71 Kopassus, KSAD Tekankan Prajurit Korps Baret Merah Jaga Kesiapan Operasional - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) Mayjen TNI Iwan Setiawan memimpin upacara HUT Ke-71 Kopassus di lapangan Makopassus Cijantung Jakarta pada Senin (17/4/2023).

KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman dalam amanat yang dibacakannya menekankan kepada prajurit Korps Baret Merah agar menjaga kesiapan operasional dan kesiapsiagaan satuan.

"Bagi prajurit Kopassus sendiri sebagai pasukan elit saya ingin menekankan agar menjaga kesiapan operasional dan kesiapsiagaan satuan yang tinggi sebagai wujud profesionalitas prajurit dan satuan yang dibentuk secara khusus di atas kemampuan prajurit dan satuan biasa," kata Dudung dalam amanat yang dibacakan Iwan.

Kopassus, kata Dudung, memang dibentuk, dilatih, dan disiapkan untuk menjadi prajurit yang militan, profesional, serta adaptif yang dilandasi moralitas dan loyalitas. 

Selain itu, kata dia, Kopassus juga dilengkapi dengan alutsista dan perlengkapan khusus untuk melaksanakan tugas operasi khusus dengan sasaran yang bernilai strategis dan terpilih. 

Dengan kebesaran nama yang dimiliki selama ini, kata dia, Kopassus banyak menorehkan dan mencapai prestasi yang membanggakan. 

"Hal ini jangan membuat para prajurit Kopassus terlena. Kehebatan Kopassus telah membuat banyak negara yang menaruh hormat dan ingin belajar serta berlatih bersama," kata Dudung.

"Namun di sisi lain akan selalu ada pihak yang menganggap Kopassus sebagai ancaman yang harus dilemahkan dengan berbagai macam cara," sambung dia.

Oleh karena itu, ia meminta prajurit Kopassus terus belajar, berlatih, dan mengembangkan doktrin, strategi, dan taktik maupun teknik pertempuran khusus.

Hal tersebut, kata dia, agar kehebatan tersebut tetap terasah sambil terus memelihara kewaspadaan dari berbagai ancaman yang berpotensi melemahkan kebesaran nama dan kehebatan Kopassus

Ia juga berpesan kepada Korps Baret Merah di mana pun berada agar senantiasa hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya.

Baca juga: Upacara HUT Ke-71 Kopassus, KSAD Ingatkan Kontribusi Para Pendahulu hingga Senior Korps Baret Merah

Dudung juga berpesan agar prajurit Kopassus senantiasa menjadi solusi setiap permasalahan yang terjadi di masyarakat. 

"Lakukan tindakan-tindakan yang berdampak terhadap kesejahteraan rakyat agar mampu menumbuhkan kecintaan dan kasih sayang rakyat kepada TNI Angkatan Darat," kata dia.

"Akhirnya saya ucapkan Dirgahayu Komando Pasukan Khusus. Berani, benar, berhasil. Jaga terus nama besar dan keistimewaan Kopassus serta kepercayaan dan kebanggaan yang disematkan oleh rakyat Indonesia di pundak kalian melalui pengabdian dan prestasi-prestasi yang hebat," sambung dia.

Turut hadir dalam upacara tersebut di antaranya sejumlah senior Kopassus di antaranya Letjen TNI (Purn) Sintong Panjaitan dan Jenderal TNI (Purn) AM Hendropriyono.

Hadir pula sejumlah mantan Danjen Kopassus di antaranya Letjen TNI (Purn) Doni Monardo, Letjen TNI (Purn) Lodewijk Freidrich Paulus, dan Letjen TNI (Purn) Muhammad Herindra (Wamenhan).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat