androidvodic.com

Porter Ini Tetap Kerja Hingga Lebaran Demi Penuhi Kebutuhan Keluarga di Kampung - News

News, JAKARTA - Seorang porter di Stasiun Gambir, Jakarta, memilih untuk tidak merayakan lebaran bersama keluarganya. 

Pria berusia 43 tahun asal Jember, Jawa Timur ini memilih untuk tetap bekerja hingga hari lebaran mendatang. 

Untuk mengurangi rasa rindu suasana lebaran bersama istri dan dua anaknya di Jember, Zainur Rohim memilih mudik lebih dulu sebelum lebaran. 

"Saya baru sampai dari kampung ini. Kalau saya kemarin memang sudah tiga minggu kumpul keluarga di rumah," kata Rohim ditemui di sela-sela kerjanya di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (19/4/2023).

Ia juga sengaja memilih waktu lebih dini bertemu keluarga supaya menghindari puncak arus mudik. 

Selain itu, Rohim bercerita, alasan ia memilih bekerja di saat lebaran adalah karena ada banyak kebutuhan keluarganya yang harus ia penuhi. 

"Sudah ngumpul sama keluarga duluan, ya ini kan mungkin di rumah itu kan ada kebutuhan-kebutuhan yang agak lumayan. Jadi di hari yang ramai ini, penumpang yang membludak ini saya datang" tuturnya.

Keluarga Rohim pun mengaku tak masalah dan mendukung penuh keputusan pria yang telah menjadi porter selama belasan tahun ini.

Apalagi alasan ia bekerja adalah untuk menjadi tulang punggung keluarga. 

"Keluarga enggak apa-ala, mendukung, karena ya memang buat keluarga semuanya," tegasnya.  

Sebagai informasi 18 ribu penumpang berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta pada Rabu hari ini atau H-3 lebaran dengan total layanan 38 Kereta Api (KA) yang beroperasi. 

Kepala Humas Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan Daop 1 Jakarta yang meliputi Stasiun Senen dan Stasiun Gambir mulai memasuki masa puncak arus mudik dengan tingkat okupansi penumpang mencapai 100 persen.

Baca juga: Puncak Arus Mudik, Terminal Pulo Gebang Sudah Berangkatkan 1.339 Pemudik Hingga Siang Ini

Jika ditotal, jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Senen dan Stasiun Gambir berjumlah 41.900 penumpang. 

"Pantauan keberangkatan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada Rabu 19 April 2023 volume penumpang berangkat kembali mengalami peningkatan," kata Eva dalam keterangannya, Rabu.

"Untuk hari ini sekitar 23.900 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 KA yang beroperasi, sementara untuk Stasiun Gambir volume penumpang berangkat hari ini mencapai sekitar 18.000 dengan layanan 38 KA beroperasi," tambahnya. 

Sementara berdasarkan data Rabu 19 April 2023 sekitar 580.000 tiket untuk keberangkatan masa angkutan lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat