androidvodic.com

Contoh Khutbah Idul Fitri 2023: Idul Fitri adalah Hari Raya Fitrah - News

News - Inilah contoh teks khutbah Idul Fitri 1444 H/2023.

Idul Fitri 1444 H/2023 merupakan perayaan yang dilakukan umat Islam atas kemenangannya menahan diri dari makan dan minum, serta berbagai hal lain yang dapat merusak puasa.

Selain itu, Hari Raya Idul Fitri juga menjadi momen untuk memperbaiki, memaafkan, dan merenungi kesalahan

Saat Idul Fitri, umat Islam disunnahkan untuk melaksanakan sholat Ied pada pagi hari.

Biasanya, setelah sholat Idul Fitri selesai dilaksanakan, ada khutbah singkat yang disampaikan imam.

Berikut ini contoh khutbah Idul Fitri yang News kutip dari laman Kementerian Agama Sulawesi Tenggara.

Khutbah Idul Fitri

Baca juga: Teks Naskah Khutbah Singkat Idul Fitri 2023/1444 H: Lebaran Tak Perlu Berlebih-lebihan

Khutbah pertama

Jama’ah Id yang dimuliakan Allah,

Sejak matahari terbenam di akhir Ramadhan, hanya kumandan takbir, tahmid, dan tahlil yang menggema dimana-mana demi memuji kebesaran Allah SWT. Tiada yang lebih besar selain Allah Swt. Suatu ungkapan yang lahir dari lubuk hati paling dalam, yang mengakui bahwa hanya karena Allah kita hidup dan ada, untuk Allah kita bekerja dan beramal, dan kepada Allah kita semua akan kembali.

Dengan takbir, tahmid, dan tahlil yang kita kumandangkan menunjukkan keinsafan kita betapa kecilnya kita di hadapan Allah Yang Maha Agung, sekaligus meniadakan segala sifat keangkuhan dan kecongkakan di dalam diri kita. Kita sadar bahwa apapun kebesaran yang kita sandang, kita sangat kecil di hadapan Allah. Betapapun perkasanya kita, kita lemah dihadapan Allah Yang Maha Kuat. Betapapun hebatnya kekuasaan dan pengaruh kita, kita tidak berdaya dalam genggaman Allah Yang Maha Kuasa atas segala-galanya.

Allahu Akbar-3X Walillahilhamdu

Idul fitri adalah hari raya fitrah, hari raya kemanusiaan, hari raya kesucian. Disebut juga hari kembalinya kita kepada kesucian kita. Karena itu sudah sewajarnya kita merenungi makna hari raya ini agar kita mengetahui hikmah dan makna dibaliknya.

Fitrah adalah sebutan untuk rancangan Tuhan mengenai kita. Bahwa kita diciptakan Allah dengan rancangan sebagai makhluk suci yang sakral. Allah SWT berfirman dalam surah ar-Rum ayat 30:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat