androidvodic.com

Kapolri Pantau Arus Mudik di Pelabuhan Bakauheni: Tak Ada Antrean - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, LAMPUNG - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung Pelabuhan Bakauheni, Lampung terkait arus mudik lebaran, Kamis (20/4/2023).

Peninjauan dilakukan bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Hasil pemantauan, tercatat terjadi peningkatan aktivitas pemudik dari Rabu (19/4/2023) malam.

Total, ada 165 ribu pemudik pada pagi tadi yang angka tersebut meningkat dibanding tahun lalu yakni sebanyak 155 ribu.

"Dari hasil analisa kemungkinan hari ini masih ada sisanya yang akan menyeberang dan itu menjadi salah satu puncak penyeberangan berikutnya," kata Listyo dalam keterangannya, Kamis (20/4/2023).

Baca juga: Menhub Sebut Jumlah Kendaraan pada Arus Mudik Lebaran 2023 Naik 15 Persen

Meski begitu, Listyo mengatakan belum ada kemacetan atau antrean kendaraan yang panjang di pelabuhan tersebut seperti arus mudik sebelumnya.

Hal ini karena pemerintah sendiri telah membuka dua pelabuhan lain untuk masyarakat yang akan mudik ke wilayah Sumatera selain Pelabuhan Merak, yakni Pelabuhan Ciwandan dan Bandar Bakau Jaya.

"Namun, Alhamdulilah dari laporan anggota bahwa kemacetan yang dulu sering terjadi di Cikuasa Atas karena ada antrean panjang di wilayah Banten, tahun ini, sampai tadi malam tidak terjadi antrean artinya semua bisa tertampung dengan di bagi menjadi 3 dermaga yaitu Ciwandan, Merak dan BBJ," ujarnya.

Baca juga: Kerahkan 1.000 Orang Kokam, Pemuda Muhammadiyah Bantu Amankan Mudik Lebaran di Seluruh Indonesia

Selain arus mudik, Listyo juga tetap akan memperhatikan arus balik lebaran 2023 khususnya di Pelabuhan Bakauheni dan Panjang agar tak terjadi penumpukan.

"Berikutnya H+3 (Lebaran) tugas teman-teman dari (Pelabuhan) Bakauheni dan Panjang untuk menampung arus balik. Jadi ini tentunya semua bisa terlayani dengan baik," ungkapnya.

Lebih jauh, Listyo menyebut hingga saat ini belum ada laporan tindak pidana di Pelabuhan Bakauheni maupun Panjang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat