androidvodic.com

Apa Itu Formalin? Zat Kimia Berbahaya yang Nyaris Disantap Jokowi Saat Berlibur di Labuan Bajo - News

News - Berikut merupakan pengertian formalin serta dampaknya jika dikonsumsi oleh manusia.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarganya nyaris memakan buah yang mengandung formalin saat sedang berlibur di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Jokowi dan keluarganya berlibur di Labuan Bajo sejak Sabtu (22/4/2023) hingga Selasa (25/4/2023) lalu.

Loka Pengawas Obat dan Makanan (Loka POM) Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) mendapati kandungan formalin di dalam buah yang akan disajikan untuk Jokowi dan keluarganya saat sedang berlibur di Labuan Bajo.

Atas penemuan tersebut, Pemkab Manggarai Barat melakukaan sidak ke sejumlah restoran.

Lantas apa itu formalin ? Berikut pengertian formalin dan bahaya formalin jika dikonsumsi oleh manusia.

Baca juga: Jokowi dan Keluarga Nyaris Memakan Buah yang Mengandung Formalin, Ditemukan 3 Jam sebelum Disantap

Dikutip dari laman resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), formalin merupakan suatu larutan yang tidak berwarna dan baunya sangat membusuk.

Di dalam formalin tersendiri terkandung sekitar 37 persen formaldehid dalam air.

Sejauh ini, pemanfaatannya tidak dilarang namun setiap pekerja yang terlibat dalam pengangkutan dan pengolahan bahan ini harus ekstra hati-hati mengingat risiko yang berkaitan dengan bahan ini cukup besar.

Penggunaan formalin ini sering disalah gunakan oleh beberapa orang.

Melalui sejumlah survey dan pemeriksaan laboratorium, ditemukan sejumlah produk pangan yang menggunakan formalin sebagai pengawet.

Beberapa contoh produk yang sering mengandung formalin misalnya ikan segar, ayam potong, mie basah dan tahu yang beredar di pasaran.

Untuk ciri-cirinya, tahu yang bentuknya sangat bagus, kenyal, tidak mudah hancur, awet beberapa hari dan tidak mudah busuk biasanya mengandung formalin.

Mie basah yang mengandung formalin biasanya lebih awet beberapa hari dan tidak mudah basi dibandingkan dengan yang tidak mengandung formalin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat