androidvodic.com

Isu Jadi Cawapres Ganjar, PDIP Telusuri Track Record Sandiaga Uno - News

News, JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya akan menelusuri track record dan komitmen sejumlah figur termasuk Sandiaga Uno yang diisukan duet dengan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

"Kami lakukan analisis terhadap aspek-aspek historisnya, aspek komitmennya di dalam membangun desain bagi masa depan, kompetensinya, track recordnya, kami lakukan analisis semua dari nama-nama yang muncul itu," kata Hasto di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Kamis (27/4/2023).

Hasto menyebut hal tersebut guna memberikan masukan sebagai cawapres Gubernur Jawa Tengah itu nantinya.

"Dan kami berikan sebagai masukan, karena itu bagian dari penugasan yang diberikan oleh Ibu Ketua Umum (Megawati Soekarnoputri)," ujarnya.

Menurut Hasto, pihaknya menyambut positif berbagai nama-nama figur yang digadang-gadang jadi cawapres Ganjar kini muncul di masyarakat.

"Karena apapun ini adalah Pemilu langsung oleh rakyat sehingga rakyat harus dibiasakan juga dengan diskursus yang positif tentang nama nama calon yang masuk," ucapnya.

Namun, dia menjelaskan cawapres Ganjar akan mengerucut ke satu nama setelah kerja sama politik dengan partai lain final.

"Pengerucutan siapa yang nanti akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo nanti ada beberapa tahap-tahap setelah kerja sama partai politik ini difinalkan," ungkap Hasto.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut sejumlah nama yang cocok menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Beberapa nama yang disebut Jokowi, yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir.

Kemudian, Menkopolhukam Mahfud MD, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin serta Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Yang cocok banyak, banyak. Ada Pak Erick, ada Pak Sandiaga Uno, ada Pak Mahfud ada Pak Ridwan Kamil ya banyak siapa lagi, ada Cak Imin ada Pak Airlangga," kata Jokowi setelah mengikuti Salat IdulFitri di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Sabtu (22/4/2023) pagi.

Tak hanya itu, nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto juga disebut Jokowi cocok menjadi cawapres Ganjar.

"Termasuk Pak Prabowo juga," ungkap Jokowi.

Baca juga: PDIP Beri Kisi-kisi Kriteria Cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Menurut Jokowi, dengan diumumkannya Ganjar sebagai capres PDIP maka akan semakin memperjelas kondisi politik jelang Pilpres.

Namun, dia meminta semua pihak agar menunggu momentum penentuan cawapres.

"Calonnya sudah semakin jelas siapa capres tinggal nanti menunggu cawapresnya," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat