androidvodic.com

Survei Indikator: Approval Rating Jokowi Capai Rekor Tertinggi dengan 78,5 Persen - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

News, JAKARTA - Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) berada di level tertinggi.

Hal itu berdasarkan hasil survei lembaga Indikator Politik Indonesia. Bahkan dalam survei tersebut approval rating Jokowi tertinggi dalam 9 tahun terakhir.

“Selama Indikator melakukan survei kepuasan publik, ini (approval rating) Jokowi menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, dalam paparan hasil survei bertajuk ‘Korelasi Antara Approval Rating Presiden dan Dukungan Atas Capres dan Partai Jelang 2024’ secara virtual, Minggu (30/4/2023).

Approval rating Jokowi mencapai 78,5 persen. Angka itu menjadi yang tertinggi selama Jokowi memimpin Indonesia. Dalam survei pertama pada Januari 2015 lalu, approval rating Jokowi hanya berada di angka 61,7 persen.

“Selama Jokowi menjadi presiden, inilah (78,5 persen) approval rating tertinggi yang berhasil diraih,” kata Burhanuddin.

Menurutnya, tingginya approvel rating Jokowi tersebut disebabkan oleh sejumlah faktor. Diantaranya, keberhasilan dalam mengendalikan inflasi. Menjelang dan saat Lebaran tahun ini harga-harga kebutuhan barang pokok relative terkendali dan stabil.

“Tidak ada lonjakan yang berarti,” kata Burhanuddin.

Dalam temuan Indikator, alasan lain yang membawa approval rating Jokowi di level tertinggi sepanjang sejarah karena alasan kerap memberikan bantuan kepada masyarakat kecil.

Dalam survei yang melibatkan 1.220 responden tersebut tidak hanya tingkat kepuasan publik terhadap kerja Jokowi yang tinggi, melainkan juga tingkat kepercayaan yang mencapai 95 persen.

Adapun survei digelar dari 11-17 April 2022. Responde survei yaknj Warga Negara Indonesia (WNI) yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Penarikan sample menggunakan metode multistage random sampling.

Baca juga: Tingkat Kepuasan Masyarakat di Jawa Timur Terkait Kinerja Jokowi Masih Tinggi

Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional dan toleransi kesalahan atau margin of error (MOE) sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden terpilih telah diwawancarai dengan tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat