androidvodic.com

Jokowi Tak Hadiri Pelantikan Raja Charles III, Lebih Pilih Tinjau Kesiapan KTT ASEAN 2023 - News

News - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ternyata rela tak hadir memenuhi undangan pelantikan Raja Charles III di London, Inggris yang digelar pada Sabtu (6/5/2023).

Adapun alasannya lantaran dirinya memilih untuk melakukan pengecekan persiapan KTT ASEAN Summit 2023 yang bakal digelar di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai, NTT pada 9-11 Mei 2023 mendatang.

Hal ini dibenarkan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah.

Ia juga menjelaskan undangan pelantikan Raja Charles III tidak wajib untuk dihadiri.

"Tidak harus (dihadiri). Sifat undangannya bisa diwakilkan dan waktunya sangat berdekatan dengan waktu penyelenggaraan KTT ASEAN di Labuan Bajo."

"Presiden sebagai Ketua ASEAN harus memastikan kesiapan KTT dari aspek substansi dan lain-lain," ujarnya ketika dihubungi News, Sabtu (8/5/2023).

Baca juga: Hadiri KTT ASEAN Ke-42 di Labuan Bajo, Puan Maharani Siap Dorong Isu Perlindungan PMI

Jokowi melakukan peninjauan persiapan KTT ASEAN 2023 dan terbang ke Labuan Bajo pada Minggu (7/5/2023) dikutip dari Tribun Flores.

Pada hari ini, Senin (8/5/2023), Jokowi pun masih berada di Labuan Bajo dengan agenda meninjau gladi ketibaan para pemimpin ASEAN di lobi Hotel Meruorah.

Setelahnya, dilanjutkan dengan gladi sesi foto tiap pemimpin ASEAN dengan Presiden Jokowi hingga gladi foto bersama.

Selepas itu, Presiden akan menuju Komodo Ballroom, Meruorah Convention Center, untuk meninjau tempat acara puncak KTT ke-42 ASEAN.

Kepala Negara juga akan melihat tempat untuk jamuan santap siang para pemimpin ASEAN.

Agenda hari kedua kemudian akan ditutup dengan peninjauan gladi jamuan santap malam para pemimpin ASEAN yang akan digelar di Ayana Komodo Waecicu Beach pada malam hari.

Sementara itu, Ibu Iriana juga diagendakan untuk melakukan peninjauan gladi acara para pendamping pemimpin ASEAN.

Jokowi Akui Penginapan Labuan Bajo Belum Cukup

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangan pers sesuai melakukan pengecekan kesiapan penyelenggaraan KTT ASEAN di Labuan Bajo, Minggu (7/5/2023).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangan pers sesuai melakukan pengecekan kesiapan penyelenggaraan KTT ASEAN di Labuan Bajo, Minggu (7/5/2023). (YouTube Sekretariat Presiden)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat