androidvodic.com

Dua Kapal Perang yang Bakal Dialih Bina ke Koarmada III Sorong, KRI Fatahilah dan KRI Malahayati - News

Laporan Reporter News, Naufal Lanten

News, JAKARTA - Dua Kapal Perang RI (KRI) bakal menjalani alih bina atau dispersi ke Komando Armada III Sorong, Papua Barat.

Adapun dua KRI itu adalah kapal perang jenis korvet yakni KRI Malahayati - 362 dan KRI Fatahillah - 361.

Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya Herru Kusmanto mengatakan hal tersebut dilakukan karena Koarmada III memiliki jumlah KRI patroli keamanan laut (Patkamla) dan Kapal Angkatan Laut (KAL) yang terbatas, berbeda dengan wilayah I dan II.

"Untuk Koarmada III memang jumlah KRI Patkamla dan juga KAL masih terbatas, sehingga dalam waktu dekat akan dilaksanakan dispersi 2 KRI dari Armada II ke Armada III," kata Herru saat konferensi pers di Mako Koarmada RI, Jakarta Pusat, Jumat (19/5/2023).

Tidak hanya jenis korvet, sambung Herru, nantinya dua kapal perang jenis Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 Meter juga akan memperkuat Koarmada III.

Baca juga: Koarmada III Sorong Bakal Diperkuat 2 Kapal Cepat Rudal KRI Kapak-625 dan KRI Panah-626

Dua KCR tersebut adalah KRI Kapak-625 dan KRI Panah-626 yang baru saja dinamai oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali pada Rabu 17 Mei 2023.

Ia mengebut dua kapal produksi PT PAL Indonesia akan menambah kekuatan alat utama sistem senjata (alutsista) Koarmada III dalam waktu dekat ini.

"Kemarin juga sudah dilaksanakan shipnaming dan juga persemian dan pengukuhan 2 KRI tipe KCR, KCR 60 meter itu KRI Kapak dan KRI Panah," katanya.

"Ini nanti juga 2 KRI ini juga akan didispersi ke Armada III. Insya Allah dalam waktu dekat akan digeser ke Armada III, memperkuat jajaran di Armada III," imbuh Herru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat