androidvodic.com

Cerita Andi Widjajanto Soal Arahan Megawati Saat Dirinya Dilantik Jadi Gubernur Lemhanas - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Suamampow

News, JAKARTA - Andi Widjajanto, bercerita mendapat tiga arahan dari Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri sebelum dirinya dilantik menjadi Guberur Lemhanas RI.

Cerita Andi Wijayanto soal arahan Megawati itu diungkap saat memberi sambutan pada acara peluncuran 58 buku dalam rangka Hari Jadi ke-58 Lemhanas di Gedung Lemhannas RI, Jakarta Pusat, Sabtu (20/5/2023).

Tiga arahan itu ia sebut sebagai tiga komitmen ideologis Lemhanas RI yang saat ini terus dipegang dan dijalankan lembaga sekolah kepemimpinan nasional tersebut.

"Pertama arahan dari Ibu Megawati, perkuat nilai- nilai kebangsaan, terutama Pancasila 1 Juni. Arahan itu akan kami laksanakan secara dalam di tahun ini di tahun 2023 dengan melakukan kajian tentang Pancasila dilihat bagaimana Pancasila berhadapan dengan nilai- nilai global," kata Andi.

Arahan kedua yang disampaikan Megawati ialah memerkuat posisi Lemhanas sebagai sekolah kepempinan di bidang Geopolitik.

Baca juga: Cerita Soal Perannya Pisahkan Polri dan TNI, Megawati: Polisi Sekarang Ngapain?

Lemhanas yang berdiri di era Presiden pertama Soekarno, adalah sekolah bagi para calon pemimpin melaksanakan pelatihan dan pengkajian nilai-nilai kebangsaan seturut dengan perkembangan zaman.

Andi juga bercerita, di hari ini pula bertepatan, Bung Karno menyampaikan kuliah umum di depan peserta didik Lemhanas RI.

"Hari itu Bung Karno berpesan Lemhanas dikembangkan menjadi sekolah geopolitik," tegas Andi.

Baca juga: Megawati: Beda Seperti Dulu, Sekarang Banyak Jenderal Mau Masuk PDIP

"Kami di Lemhanas mendapat kehormatan yang luar biasa karena Ibu Megawati Soekarnoputri, Presiden Kelima Republik Indonesia berkenan hadir secara langsung untuk merayakan 58 tahun Lemhanas RI," sambungnya.

Arahan dari Megawati selanjutnya, sambung Andi, juga sejalan dengan tugas yang diamanatkan Presiden Joko Widodo kepadanya seusai dilantik.

Yakni mengenai, merancang transformasi Indonesia di tahun 2045

"Kami juga merancang Indonesia yang baru, Indonesia smart, Indonesia yang green, Indonesia yang bisa menjadi global-hub. Itu yang akan menjadi tugas kami ketiga sesuai dengan penugasan kepada kami di awal 2022," tutur Andi.

Terlihat dalam acara hari ini hadir Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. Di jajaran menteri, hadir antara lain: Menteri Koordinator Bidang Polhukam Mahfud MD, Menkumham Yasonna H. Laoly, Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas, Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koperasi Teten Masduki, Wamen Dalam Negeri John Wempi Wetipo.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat