androidvodic.com

Eks Menteri Pertanian Bungaran Saragih Kagum dengan Pemikiran Sarwono Kusumaatmadja - News

News, JAKARTA - Eks Menteri Pertanian era Kabinet Gotong Royong Bungaran Saragih Garingging mengakui kerap kagum dengan pemikiran dari mendiang Sarwono Kusumaatmadja.

Hal itu disampaikan Bungaran saat melayat di acara Penghormatan Terakhir untuk politisi sekaligus menteri era Presiden Soeharto Sarwono Kusumaatmadja, di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Minggu (28/5/2023).

Bungaran mengatakan, mengenal baik mendiang Sarwono Kusumaatmadja.

Keduanya sempat bersama-sama menjabat sebagai menteri di kabinet era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

"Namun sebelum itu juga kami sudah banyak berkenalan pada masa pemuda dan mahasiswa," kata Bungaran, saat ditemui, Minggu ini.

Ia mengaku sangat kagum dengan pemikiran-pemikiran dari Sarwono Kusumaatmadja, khususnya terkait bagaimana Indonesia bisa maju ke depan.

Lebih lanjut, Bungaran menyebut, mendiang Sarwono merupakan tokoh yang unik.

Sebab, menurutnya, Sarwono tidak banyak omong, namun saat berada didekatnya begitu terasa hangat.

"Banyak ide dan banyak pikiran-pikiran. Dan saya senang dengan orang seperti itu. Tidak ada kesombongan dalam dirinya," kata Bungaran.

"Diam-diam tapi banyak pikirannya. Kalau dia sudah menyampaikan pikirannya itu, oh begitu ya, oh begitu ya, kita sering kagum dan terperangah," sambungnya.

Baca juga: Sarwono di Mata Aburizal Bakrie: Orang Baik, Sederhana dan Tidak Pernah Sombong

Sementara itu, Bungaran mengungkapkan, pertemuan terakhir ia dengan sahabatnya itu sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

"Sebelum Covid lah, Covid menghambat semuanya. Sampai sekarang juga kita harus hati-hati," ucapnya.

Sebelumnya, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Persatuan Nasional, Sarwono Kusumaatmadja meninggal dunia di Penang, Malaysia.

Informasi yang diterima redaksi menyebutkan, Sarwono Kusumaatmadja meninggal pada Jumat (26/5/2023) pada pukul 17.15 waktu Malaysia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat