androidvodic.com

Mengenal Logo IKN Bertema Pohon Hayat, Cerita di Balik Pembuatan Logo IKN hingga Harapan Jokowi - News

News - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah meluncurkan logo baru Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Selasa (30/05/2023), di Istana Negara, Jakarta.

Logo bertema "Pohon Hayat" ini, akan menjadi identitas visual bagi IKN.

Logo tersebut, merupakan hasil karya Aulia Akbar.

Dalam postingan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di akun resmi Instagramnya, dijelaskan arti Pohon Hayat, yakni sebagai pohon kehidupan.

"Temanya Pohon Hayat, pohon kehidupan. Logo IKN karya Aulia Akbar ini terpilih berdasarkan hasil voting terbuka yang diikuti oleh lebih dari 500 ribu pemilih di seluruh Tanah Air," tulis Ig @jokowi.

Jokowi menambahkan, logo baru IKN ini juga memiliki makna yang diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan.

Baca juga: Jokowi Luncurkan Logo IKN Nusantara Bertema Pohon Hayat, Ini Filosofinya

"Di dalamnya ada filosofi yang sejalan dengan semangat pembangunan IKN, menumbuhkan rasa bangga dengan jati diri bangsa Indonesia sebagai negara dan bangsa yang besar serta majemuk."

"Juga diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga alam dan lingkungan beserta ekosistemnya," tulis Jokowi.

Diketahui, logo karya Aulia Akbar ini terpilih menjadi pemenang setelah memperoleh suara terbanyak berdasarkan voting terbuka yang diikuti oleh lebih dari 500 ribu pemilih

“Tadi sudah disampaikan oleh Kepala Otorita (IKN) bahwa setelah melalui proses sayembara yang sangat selektif, alhamdulillah telah terpilih logo dengan pemilih terbanyak, jadi yang milih bukan presiden, hati-hati, hati-hati yang milih ini rakyat,” ucap Jokowi, dikutip dari Setkab.go.id.

Cerita Pembuatan Logo IKN "Pohon Hayat"

Desainer logo IKN bertema "Pohon Hayat", Aulia Akbar, menceritakan di balik pembuatan logo baru IKN.

Menurutnya, logo IKN "Pohon Hayat" dibuatnya karena terinspirasi dari penelusuran budaya Indonesia sendiri.

"Jadi untuk inspirasinya itu dari penelusuran kita tentang kebudayaan kita sendiri, dari Sabang sampai Merauke, yang kita cari," kata Aulia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (30/5/2023), dilansir Kompas.com.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat