androidvodic.com

Dukungan Terhadap KPAI Mengawal Hak Anak dalam RUU Kesehatan - News

News, JAKARTA - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) melaksanakan pertemuan dengan Komisi IX DPR RI, Rabu (7/6/2023) perihal pembahasan RUU Kesehatan yang saat ini sudah masuk ke tahapan Tim Perumus.

Dalam pertemuan tersebut juga, KPAI memberikan catatan kritis dengan menyerahkan Kertas Kebijakan Komisi Perlindungan Anak Indonesia terhadap penyusunan RUU Kesehatan kepada Komisi IX DPR RI.

Center of Human dan Development Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan (CHED ITB-AD) yang tergabung dalam Pokja KPAI mendukung upaya perjuangan KPAI untuk menyelamatkan generasi bangsa.

"Kami sangat yakin, apa yang dilakukan oleh KPAI sangat mulia, mengawal RUU Kesehatan pada aspek anak adalah satu upaya untuk menyelamatkan generasi bangsa," kata Kepala Pusat Studi CHED ITB-AD Roosita Meilani Dewi dalam keterangannya, Jumat (9/6/2023).

Roosita menjelaskan kertas kebijakan yang diserahkan KPAI memuat isu krusial yang berkaitan dengan kesehatan anak.

Menurutnya RUU Kesehatan harus juga menjadi jembatan bagi pemenuhan hak-hak kesehatan anak di Indonesia.

"RUU Kesehatan harus menjadi jembatan pemenuhan hak-hak kesehatan anak di Indonesia untuk memperoleh layanan kesehatan yang aman, bermutu, terjangkau, inklusif, tidak diskriminasi, serta ramah anak, sehingga dapat meminimalisir atau mencegah terjadinya perlambatan tumbuh kembang anak, pemahaman, emosional, dan lainnya," kata dia.

Berikut adalah catatan kritis yang disampaikan KPAI ke DPR saat audiensi:

1. Materi RUU Kesehatan belum menyentuh hak-hak kesehatan anak untuk memperoleh layanan kesehatan yang aman, bermutu, dan terjangkau, inklusif, tidak diskriminasi, serta ramah anak;

2. Sasaran transformasi sistem kesehatan masih bersifat umum serta kurang memperhatikan fakta-fakta empiris di masyarakat terkait kondisi kesehatan anak. Transformasi sistem layanan kesehatan memerlukan keseriusan negara agar terarah pada optimalisasi layanan kesehatan untuk menekan tingginya angka kematian neonatal dan stunting;

3. Pemenuhan hak dasar atas layanan kesehatan masyarakat perlu memperhatikan tindakan afirmatif sebagai upaya menjawab tantangan pemenuhan hak dan perlindungan bagi anak, anak berkebutuhan khusus, serta anak penyandang disabilitas, dalam rangka peningkatan derajat optimal kesehatan, tumbuh kembang, dan produktivitas mereka. Karena itu, RUU Kesehatan perlu memberikan perhatian pada poin-poin berikut:

a. Mendorong upaya preventif, kuratif, promotif, dan rehabilitatif bagi kesehatan anak sejak dalam kandungan, serta khususnya bagi anak berkebutuhan khusus dan anak penyandang disabilitas;

b. Perlindungan dari kasus-kasus malpraktik medis pada anak dalam memperoleh akses layanan kesehatan;

c. Menetapkan subyek hukum pada kasus-kasus kekerasan fisik, emosional, maupun seksual pada anak. Termasuk dalam hal ini adanya jaminan pembiayaan visum dalam, sebagai bentuk advokasi perlindungan anak dari segala bentuk kekerasan sehingga mempermudah dan mempercepat proses penyelidikan hukum;

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat