androidvodic.com

Kata Pengamat soal Pertemuan Puan dan AHY, Singgung Hubungan SBY dan Megawati Dulu - News

News - Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia (IPI), Burhanuddin Muhtadi, merespons rencana pertemuan Ketua Umum DPP PDI-Perjuangan Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Pertemuan keduanya ini bisa dijadikan sebagai upaya berbaikan antara Partai Demokrat dengan PDIP.

Pasalnya, Puan Maharani disebut sedang memainkan peran ice breaker atau pencair suasana dari ketegangan politik di Indonesia.

Terutama ketegangan yang timbul antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat pemilihan presiden sebelumnya.

"Nah kalau dari Mbak Puan sudah mengambil peran sebagai ice breaker ini kan seolah-olah sindiran nih kalau putra-putri mereka bisa bertemu, masa orang tuanya (SBY-Megawati) nggak mau bertemu, kan publik bisa mengatakan demikian."

Baca juga: Anies Baswedan Enggan Tanggapi Rencana Pertemuan AHY dengan Puan Maharani

"Bagaimana pun kan Mbak Puan dan Mas AHY kan dari generasi yang lebih mudah dan mereka pun bisa bertemu dengan baik, meskipun berbeda partai, berbeda ideologi, meskipun secara umum keduanya berasal dari partai nasionalis, tetapi mereka bisa bertemu dalam segala perbedaan dan bisa sepakat," jelas Burhanuddin dikutip dari Kompas Tv, Senin (12/6/2023).

Menurut Burhanuddin, publik pasti juga akan berpikiran agar hubungan harmonis ini juga terjadi antara SBY dan Megawati.

"Itu seharusnya ditiru juga oleh para orang tua, oleh generasi politisi yang sudah lebih senior (dari AHY dan Puan)," lanjut Burhanuddin.

Apalagi publik sangat menantikan Pilpres 2024 menjadi pesta demokrasi yang menggembirakan.

"Karena bagaimana pun publik mengharapkan 2024 ini kita disuguhi pertarungan yang programmatik tetapi tidak menghilangkan aspek persaudaraan kita sebagai sesama bangsa," jelas Burhanuddin.

Respons SBY

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menanggapi kabar soal pertemuan elite PDI-Perjuangan dengan elite Partai Demokrat.

Presiden Keenam Republik Indonesia ini menanggapi positif rencana pertemuan tersebut.

Dikatakan SBY, Partai Demokrat selalu terbuka untuk membahas masalah-masalah bangsa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat