androidvodic.com

Rekrutmen CPNS 2023 Dibuka September, Ada 1 Juta Formasi, Terbuka untuk Fresh Graduate-Honorer - News

News - Jadwal kapan pemerintah membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023, akhirnya menemui kepastian.

Rekrutmen CPNS 2023 akan dibuka pada September 2023.

Adapun jumlah kuota atau lowongan yang tersedia lebih dari 1 juta formasi, tepatnya 1.030.751 formasi.

Hal ini disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas setelah menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (12/6/2023).

"(Dibuka) September 2023, ini mulai kita tetapkan dulu formasinya. Sudah kami usulkan ke Kementerian Keuangan. Saya sudah sampaikan ke kementerian dan lembaga," ujar Anas.

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diketahui soal Seleksi CPNS September 2023 Ini, Kuota hingga Syarat

Anas juga mengatakan, rekrutmen CPNS 2023 bisa dilamar untuk fresh graduate alias lulusan baru serta para honorer.

Pembagian porsinya, 80 persen untuk formasi Pegawai Pemerintah untuk Perjanjian Kerja (PPPK) yang bisa diikuti oleh honorer.

Sisanya, 20 persen untuk fresh graduate dari formasi CPNS 2023 yang dibuka pemerintah.

Khusus untuk fresh graduate, pemerintah mengutamakan lulusan baru bertalenta digital agar bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi masa depan.

"Fresh graduate kami utamakan yang talenta digital. Nantinya, fresh graduate akan sangat tinggi kualifikasinya untuk mengisi tempat-tempat yang dibutuhkan kementerian, lembaga, dan daerah."

"Jadi rekrutmen CPNS 2023 mengakomodasi teman-teman non-ASN yang sudah proses mengabdi kepada negara serta teman-teman fresh graduate," jelas Anas dikutip dari jelas menpan.go.id.

Eks Bupati Banyuwangi itu mengungkapkan, dengan pembagian formasi seperti itu, pemerintah mengharapkan CPNS 2023 bisa menyelesaikan persoalan tenaga honorer sekaligus memberikan kesempatan kepada fresh graduate yang akan mengabdi kepada negara.

"Tentu ini ada harapan di satu sisi kita menyelesaikan non ASN, di satu sisi ada fresh graduate. Jadi ini, kan, ada komplain anak-anak yang baru lulus ini masa honorer terus yang diurus."

"Nah kami ini, kan, baru lulus, ingin mengabdi kepada bangsa dan negara. Nah ini kita siapkan formasi," lanjut Anas.

Baca juga: Rekrutmen 1 Juta CPNS Tahun 2023 Dipastikan Terbuka untuk Fresh Graduate hingga Honorer

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Menpan RB Abdullah Azwar Anas saat ditemui di Gedung Kemenpan RB, Jakarta Pusat, Selasa (31/1/2023).
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Menpan RB Abdullah Azwar Anas saat ditemui di Gedung Kemenpan RB, Jakarta Pusat, Selasa (31/1/2023). (Nitis Hawaroh)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat