androidvodic.com

Gubernur Lemhannas: IKN Tingkatkan Nilai Geostrategis Lewat Pembangunan Titik Konektivitas di ALKI - News

News, JAKARTA - Gubernur Lemhannas menjelaskan saat ini Indonesia tengah berupaya untuk memperkuat posisi dengan menawarkan skema baru tentang konektivitas global dan rantai pasok global. 

Saat ini, kata dia, Indonesia sedang dalam proses untuk memindahkan ibukotanya dari Jakarta ke Nusantara.

Ibu kota baru Nusantara, lanjut dia, dirancang sebagai kota digital yang akan menjadi titik pusat kegiatan masyarakat Indonesia dalam konektivitas dan rantai pasok global.

Hal tersebut disampaikannya ketika membuka Jakarta Geopolitical Forum VII di Hotel Borobudur Jakarta pada Rabu (14/6/2023). 

"Nusantara akan meningkatkan nilai geostrategis dengan membangun titik-titik konektivitas di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI). ALKI I, ALKI II, dan ALKI III. Ketiga ALKI tersebut diharapkan dapat mendorong konektivitas strategis antara Asia Timur, India, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Selatan," kata Andi. 

Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto dan jajaran Lemhannas saat konferensi pers Jakarta Geopolitical Forum VII tahun 2023 di Hotel Borobudur Jakarta pada Rabu (14/6/2023).
Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto dan jajaran Lemhannas saat konferensi pers Jakarta Geopolitical Forum VII tahun 2023 di Hotel Borobudur Jakarta pada Rabu (14/6/2023). (News/Gita Irawan)

Lemhannas, lanjut dia, mengusulkan kajian kolaboratif dengan negara-negara sahabat di kawasan untuk memastikan konektivitas strategis yang berpusat pada ALKI I, II, dan III bisa diintegrasikan dengan rantai pasok maritim yang menghubungkan negara-negara di belahan dunia Selatan.

Negara-negara tersebut, lanjut Andi, misalnya Nigeria, Afrika Selatan, Kenya, Kongo, Arab Saudia, Uni Emirat Arab, India, Indonesia, Brazil, dan Argentina.

Di akhir sambutannya, ia berharap agar forum tersebut bisa meraih kesempatan dalam menciptakan konektivitas global maritim. 

"Dan saya berharap Lemhannas dan forum ini Jakarta Geopolitical Forum bisa berkontrubusi signifikan dalam memperkuat posisi Indonesia di era konektivitas," kata Andi.

Tema Geo-Maritim Diangkat

Sebelumnya, Andi menjelaskan penentuan geo-maritim sebagai topik utama dalam Jakarta Geopolitical Forum VII/2023 sudah berlangsung sejak Jakarta Geopolotical Forum VI tahun lalu.

Berdasarkan kajian cepat yang dilakukan Lemhannas, kata dia, saat ini dunia telah memasuki era Geopolitik 5.0. 

Berdasarkan kajian-kajian literatur, kata dia, karakter utama era Geopolitik 5.0 berkaitan dengan infrastruktur dan konektivitas yang bersifat global.

Inftastruktur dan konektivitas global, kata dia, akan sangat terasa pengaruhnya untuk Indonesia yang merupakan negara kepulauan atau negara maritim dengan letak yang sangat strategis. 

Baca juga: Indonesia dan Australia Kerja Sama Tingkatkan Keselamatan Maritim dan Inspeksi Kapal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat