androidvodic.com

Survei Parameter Politik: Duet Gibran-Dico Paling Diharapkan di Pilkada Jateng 2024 - News

News, JAKARTA - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka masih menjadi sosok yang memiliki elektabilitas terkuat di Pilkada Jawa Tengah 2024.

Lantas, siapa wakil yang diharapkan masyarakat mendampingi Gibran?

Hasil survei Parameter Politik menunjukkan ada banyak nama tokoh ataupun kepala daerah di Jawa Tengah yang dinilai layak mendampingi Gibran.

Namun, responden paling banyak memilih Bupati Kendal Dico Ganinduto.

Fakta itu terungkap dalam hasil survei Parameter Politik terkait peta politik terkini Pilkada Jawa Tengah 2024. Adapun survei itu dilakukan pada 2-11 Juni 2023 lalu.

"Tiga tokoh yang paling diharapkan publik mendampingi Gibran Rakabuming Raka jika Taj Yasin Maimoen tidak maju lagi adalah Dico Ganinduto dengan 6,2 persen, Achmad Husein 3,2 persen dan KH Yusuf Chudlori 2,8 persen," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno dalam konferensi pers, Kamis (22/6/2023).

Selain ketiga nama itu, adapula nama Eks Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said 2,2 persen, Mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi 1,6 persen dan Ketua DPD PDI-P Jawa Tengah Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul 1,5 persen.

Tak hanya itu, Parameter Politik juga melakukan simulasi elektabilitas pasangan gubernur Jawa Tengah dengan skenario 3 pasangan. Ketiga pasangan itu adalah Gibran Rakabuming dengan Dico Ganinduto.

Lalu, Hendrar Prihadi dan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa Jawa Tengah, KH Yusuf Chudlori atau Gusuf. Selanjutnya, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Mainoen dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih.

Hasilnya, responden yang memilih Gibran-Dico sebesar 56,9 persen, Hendrar-Gus Yusuf 9 persen dan Taj Yasin-Rustriningsih 7,5 persen. Sementara itu, ragu-rahu atau tidak menjawab 26,6 persen.

"Hal ini mungkin disebabkan karena figur Gibran dan Dico memiliki frekuensi yang sama, sama-sama muda dan sama-sama dianggap berhasil memimpin wilayahnya," tukasnya.

Baca juga: Jika Pilkada Jateng Dilaksanakan Hari Ini, Gibran Menang Lawan Gus Yasin dan Hendrar Prihadi

Informasi saja, Parmeter Politik melakukan survei dengan metode wawancara tatap muka dengan 800 responden yang dipilih menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling). Survei itu pun dilakukan mulai 2-11 Juni 2023.

Adapun margin of error dalam survei itu +- 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Responden tersebar secara proporsional di 35 kota atau kabupaten.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat