androidvodic.com

Di Paris Air Show 2023, Menhan Prabowo Lihat Miniatur Jet Tempur Rafale untuk TNI AU - News

News, JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menghadiri pameran International Paris Air Show 2023 di Le Bourget, utara Paris, Prancis pada Rabu (21/6/2023).

Dalam kegiatan tersebut, Prabowo mengunjungi berbagai paviliun pameran dan sempat berkeliling bersama CEO Dassault Aviation Eric Trapier. 

Dassault Aviation merupakan produsen pesawat tempur Rafale yang akan memperkuat TNI Angkatan Udara.

"Dalam kesempatan itu miniatur Rafale untuk Indonesia turut dipamerkan," kata keterangan resmi Biro Humas Setjen Kemhan pada Kamis (22/6/2023).

jet tempur rafael
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menghadiri pameran International Paris Air Show 2023 di Le Bourget, utara Paris, Prancis pada Rabu (21/6/2023)

Pada acara tersebut, yang merupakan pameran kedirgantaraan terbesar di dunia, jet tempur Rafale juga menampilkan demonstrasi udara.

Pameran yang berlangsung dari tanggal 19 sampai 25 Juni 2023 tersebut kembali digelar setelah absen selama empat tahun akibat pandemi Covid-19.

Paris Air Show ke-54 tersebut diikuti oleh 2.500 perusahaan teknologi dirgantara dari 46 negara di seluruh dunia.

Diberitakan sebelumnya Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI) berencana membeli 42 pesawat tempur Dassault Rafale hingga dua kapal selam Scorpène dari Prancis.

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menyampaikan rencana tersebut usai menerima kunjungan kehormatan Menteri Pertahanan Prancis Florence Parley di kantor Kemhan RI Jakarta Pusat pada Kamis (10/2/2022).

Baca juga: TB Hasanuddin Sebut Ketimbang Beli Pesawat Uzur, Anggaran Rp 12 Triliun Bisa Dapat Jet Tempur Baru

"Kita rencananya akan mengakuisisi 42 pesawat Rafale. Kita mulai hari ini dengan tanda tangan kontrak pertama untuk 6 pesawat yang akan disusul dalam waktu dekat dengan kontrak untuk 36 pesawat lagi, dengan dukungan latihan persenjataan dan simulator-simulator yang dibutuhkan," kata Prabowo kepada wartawan pada Kamis (10/2/2022)

Selain itu, kata Prabowo, telah ditandangani pula MoU kerja sama antara PT Dirgantara Indonesia dan Dassault Aviation untuk pemeliharaan, perbaikan, dan overhaul untuk pesawat-pesawat Prancis yang akan atau sudah digunakan Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat