androidvodic.com

Pesawat Super Hercules C-130 J Kedua TNI AU Disambut Water Salute di Lanud Halim Perdanakusuma - News

News, JAKARTA - Pesawat Super Hercules  C-130 J-30 kedua milik TNI AU dengan nomor ekor A-1340 yang dipesan Kementerian Pertahanan dari pabrikan pesawat Lockheed Martin Amerika Serikat tiba di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta Timur pada Rabu (28/6/2023).

Setibanya di Lanud Halim Perdanakusuma, pesawat yang dikemudikan pilot dari Lockheed Martin tersebut disambut water salute pada pukul 14.20 WIB.

Water salute sendiri merupakan tradisi penyambutan pesawat di mana pesawat tersebut disemprotkan air dari mobil pemadam kebakaran.

Pesawat tersebut sebelumnya telah menempuh penerbangan sejak 22 Juni 2023 lalu.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Agung Sasongkojati mengatakan Angkatan Udara turut menyambut kedatangan pesawat tersebut.

"Pesawat ini telah terbang dari tanggal 22 kemarin dari Marietta Georgia Atalanta pabriknya Lockheed Martin," kata Agung di Halim Perdanakusuma Jakarta pada Rabu (28/6/2023).

"Perjalanan cukup panjang, mereka terbang pertama dari Georgia di pantai sebelah timur Amerika kemudian ke pantai barat Amerika. Menyebrangi Atlantik ke Hawaii, kemudin ke Atol Kwajalien di Pasifik juga. Singgah di Guam, dan pada akhirnya pada siang ini tiba di Halim Perdanakusuma," sambung dia.

Ia mengatakan pesawat tersebut lebih baik dari sisi kecepatan, daya angkut, efisiensi bahan bakar, dan daya jelajah dari pesawat Hercules TNI AU yang sudah ada sebelumnya.

"Pesawat ini bagus, gres, brand new dibandingkan dengan pesawat-pesawat Hercules kita lainnya yang umurnya sudah lebih dari 30 tahun bahkan setengah abad. Namun tidak usah khawatir, Hercules yang setengah abad pun kalau dirawat pasti tetap bagus," kata dia.

Baca juga: KSAU: Pilot-pilot dan Personel TNI AU Untuk Awaki Super Hercules Sudah Mulai Latihan

"Demikian pula, apalagi yang baru seperti ini dan ini akan meningkatkan kemamuan kita untuk membantu masyarakat, pertahanan, keamanan, dan tentu saja untuk pembangunan kita semua," sambung dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat