androidvodic.com

Kapan Hari Tasyrik usai Idul Adha 1444 H/2023? Dilarang Puasa, Berikut Amalan yang Dapat Dilakukan - News

News - Kapan Hari Tasyrik seusai perayaan Idul Adha 1444 Hijriah/2023?

Diketahui umat Muslim telah merayakan Idul Adha 1444 H, Muhammadiyah pada Rabu, 28 Juni 2023, sedangkan versi Pemerintah pada Kamis, 29 Juni 2023.

Dilansir laman Kanwil Kemenag NTB, hari Tasyrik adalah 3 hari setelah Idul Adha, yakni pada tangggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah.

Artinya hari Tasyrik 1444 H jatuh pada Jumat 30 Juni 2023, Sabtu 1 Juli 2023, dan Minggu 2 Juli 2023.

Pada hari Tasyrik, umat Islam dapat melaksanakan amalan yakni menyembelih hewan kurban terbaik mereka

Sementara pada hari tasyrik ini, para jamaah yang menunaikan haji sedang berada di Mina untuk melempar jumrah.

Sementara untuk yang tidak sedang berhaji, hari tasyrik menjadi waktu larangan berpuasa.

Dalam gambar yang diambil pada 26 Juni 2023 ini, pedagang Amanullah Khan melukis desain pada unta kurban dengan 'Henna' untuk menarik pelanggan di pasar ternak menjelang festival Muslim Idul Adha yang akan datang, di pinggiran Islamabad. Ratusan petani berkemah di pasar ternak antara Islamabad dan kota kembarnya Rawalpindi selama dua minggu, berharap dapat menjual hewan menjelang festival suci tahunan yang dimulai pada 29 Juni di Pakistan. Tetapi dengan inflasi yang merajalela -- mencapai rekor 38 persen pada Mei -- pasar menarik lebih sedikit orang.
Dalam gambar yang diambil pada 26 Juni 2023 ini, pedagang Amanullah Khan melukis desain pada unta kurban dengan 'Henna' untuk menarik pelanggan di pasar ternak menjelang festival Muslim Idul Adha yang akan datang, di pinggiran Islamabad. Ratusan petani berkemah di pasar ternak antara Islamabad dan kota kembarnya Rawalpindi selama dua minggu, berharap dapat menjual hewan menjelang festival suci tahunan yang dimulai pada 29 Juni di Pakistan. Tetapi dengan inflasi yang merajalela -- mencapai rekor 38 persen pada Mei -- pasar menarik lebih sedikit orang. (Aamir QURESHI / AFP)

Baca juga: 60 Link Twibbon Selamat Hari Raya Idul Adha 2023, Cocok Dibagikan di FB, IG, WA, dan Twitter

Amalan-amalan Hari Tasyrik, dikutip dari kemenag.go.id:

Terdapat beberapa amalan yang dapat dikerjakan oleh para umat muslim saat hari tasyrik, seperti:

1. Menyembelih Hewan Kurban

Melaksanakan amalan sunnah untuk berkurban terutama bagi umat Islam yang mampu.

Dengan berkurban, juga akan berbagi kenikmatan kepada orang-orang disekitarnya berupa hidangan istimewa dari hewan sembelihan.

Terdapat beberapa ketentuan memilih hewan kurban, seperti berkualitas baik, berisi, tidak sakit, tidak cacat, cukup umur dan sebagainya

2. Menikmati Hidangan Makan dan Minum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat