androidvodic.com

Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas hingga Kantong Parkir Saat Puncak Hari Bhayangkara di GBK - News

News, JAKARTA - Polda Metro Jaya memprediksi akan ada kepadatan kendaraan di sekitar Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta imbas adanya perayaan puncak HUT Hari Bhayangkara ke-77 pada Sabtu (1/7/2023).

Terkait itu, polisi telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mencegah terjadinya kemacetan parah namun sifatnya masih situasional.

"Nanti pada saat terjadi drop out atau penjemputan kan akan terjadi penumpukan. Saat di Jalan Pemuda itu penuh, ya akan kita tutup sementara. Untuk masyarakat yang tidak ke GBK, kita arahkan lurus ke DPR," kata Latif kepada wartawan, Sabtu (1/7/2023).

Nantinya, diprediksi akan ada 1.000 bus yang mengantarkan para peserta ke GBK

Latif menyebut pihaknya juga telah menyiapkan kantong-kantong parkir untuk mengakomodir tamu undangan yang akan datang.

Untuk bus yang datang dari arah timur GBK, akan diturunkan di Pintu 7. Sementara dari arab barat, akan diturunkan di Pintu 10.

"Bus yang akan masuk GBK itu sekitar 1.000. Tentunya akan terjadi kepadatan pada saat pengantaran drop di GBK, setelah itu (bus) masyarakat yang ikut merayakan di GBK akan diparkiran di Monas," jelasnya.

"Ada beberapa elemen masyarakat yang juga ikut merayakan HUT Bhayangkara dari elemen mahasiswa, buruh, suporter Persija, nanti busnya akan kita parkirkan di Aldiron," imbuhnya.

Lebih lanjut, Latif mengimbau kepada masyarakat yang tidak berkepentingan untuk menghindari sekitaran GBK. Ia pun memohon maaf jika kepadatan tetap terjadi.

"Betul-betul khususnya di seputaran GBK ya masyarakat sekali lagi kami mohon maaf apabila kegiatan masyarakat sedikit terganggu. Kami akan semaksimal mungkin mengatur sedemikian rupa kegiatan, khususnya transportasi yang hendak menuju GBK," pungkasnya.

Diketahui, Polri akan merayakan HUT Bhayangkara ke-77 pada Sabtu (1/7/2023) yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada sore nanti.

Rangkaian kegiatan jelang puncak perayaan pun sudah dilakukan yakni di antaranya menggelar sejumlah lomba, ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) hingga berdoa lintas agama.

Rencananya, Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan akan hadir dan menjadi inspektur upacara (irup) dalam acara tersebut.

"Upacara pukul 15.20 WIB. Inspektur upacara adalah Bapak Presiden RI Ir Joko Widodo," kata Kabag Penum Humas Polri Kombes Nurul Azizah kepada wartawan, Sabtu (1/7/2023).

Nurul menjelaskan lokasi Stadion GBK juga sengaja dipilih sebagai tempat upacara Hari Bhayangkara dengan harapan dapat semakin mendekatkan Polri dengan masyarakat. 

Adapun pada peringatan ulang tahun kali ini mengangkat tema Polri Presisi Untuk Negeri Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju. 

Baca juga: Tanggal 1 Juli Hari Apa? HUT ke-77 Bhayangkara Polri, Berikut Tema, Logo, Visi Misi, dan Sejarahnya

"Indonesia memiliki kekayaan dan keberagaman budaya, suku, dan agama yang menyatu dalam Bhinneka Tunggal Ika yang didukung oleh sinergitas TNI-Polri untuk menjaga dan mempertahankan persatuan dan kesatuan dalam menciptakan Pemilu Damai menuju Indonesia Maju," tuturnya.

Dalam kegiatannya, Hari Bhayangkara ke-77 akan dihiasi dengan festival pasar rakyat, pameran alat material khusus (almatsus) Polri, hingga stand perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) hingga SKCK keliling.

Selain itu, Nurul mengatakan dalam rangkaian upacara besok juga turut menampilkan Parade Kolosal dan Teatrikal Nusantara melalui sejumlah tarian dan kebudayaan dari masing-masing daerah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat