androidvodic.com

Polri Diminta Tak Salah Gunakan Wewenang: Jangan Ada Persepsi Tajam ke Bawah tapi Tumpul ke Atas - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada Polri untuk tidak menyalahgunakan kewenangan hingga kekuatan yang dianggap cukup besar.

Hal itu dikatakan Jokowi saat memimpin upacara Hari Bhayangkara ke-77 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (1/7/2023).

Awalnya, Jokowi mengatakan jika semua program Pemerintah membutuhkan peran dari Korps Bhayangkara.

"Semua program Pemerintah butuh dukungan Polri sehingga saya perlu tekankan kewenangan Polri itu besar, kekuatan Polri juga besar," kata Jokowi.

Meski begitu, Jokowi meminta kepada Polri untuk tidak menyalahgunakan kewenangan dan kekuatan yang besar itu untuk menindas orang.

"Ini harus digunakan secara benar, jangan ada yang disalahgunakan, jangan ada lagi persepsi hanya tajam kebawah tapi tumpul ke atas," jelasnya.

Lebih lanjut, Jokowi meminta agar Polri tidak mengabaikan hal dasar yang harus dilakukan yakni melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat.

"Polri harus mampu beri kepastian perlindungan, harus mampu kepastian hukum, kepastian usaha bagi masyarakat dan pengusaha," jelasnya.

Baca juga: HUT ke-77 Bhayangkara, Presiden Jokowi Senang Kepercayaan Terhadap Polri Meningkat

Diketahui, Polri merayakan HUT Bhayangkara ke-77 pada Sabtu (1/7/2023) yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada sore nanti.

Rangkaian kegiatan jelang puncak perayaan pun sudah dilakukan yakni di antaranya menggelar sejumlah lomba, ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) hingga berdoa lintas agama.

Kabag Penum Humas Polri Kombes Nurul Azizah menjelaskan lokasi Stadion GBK juga sengaja dipilih sebagai tempat upacara Hari Bhayangkara dengan harapan dapat semakin mendekatkan Polri dengan masyarakat.

Adapun pada peringatan ulang tahun kali ini mengangkat tema Polri Presisi Untuk Negeri Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju.

"Indonesia memiliki kekayaan dan keberagaman budaya, suku, dan agama yang menyatu dalam Bhinneka Tunggal Ika yang didukung oleh sinergitas TNI-Polri untuk menjaga dan mempertahankan persatuan dan kesatuan dalam menciptakan Pemilu Damai menuju Indonesia Maju," tuturnya.

Dalam kegiatannya, Hari Bhayangkara ke-77 akan dihiasi dengan festival pasar rakyat, pameran alat material khusus (almatsus) Polri, hingga stand perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) hingga SKCK keliling.

Selain itu, Nurul mengatakan dalam rangkaian upacara besok juga turut menampilkan Parade Kolosal dan Teatrikal Nusantara melalui sejumlah tarian dan kebudayaan dari masing-masing daerah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat