androidvodic.com

Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa Hasilkan Karya Desain Arsitektur - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Para dosen berperan dalam mendorong daya kreasi dan inovasi para mahasiswa.

Kepala Prodi Arsitektur Universitas Pelita Harapan (UPH) Andreas Wibisono menilai sinergi antara dosen dengan mahasiswa dibutuhkan dalam menciptakan karya di bidang arsitektur.

Prodi Arsitektur UPH menggelar pameran karya mahasiswa dan dosen yang bertajuk Elements: Studio Research-Design Architecture 2 Exhibition.

"Ini kolaborasi antara dosen dengan mahasiswa. Para dosen mengkurasi mana saja karya yang bisa ditampilkan optimal sesuai temanya dan mahasiswa juga melengkapi karyanya sehingga bisa layak dipamerkan," ujar Andreas di Galeri Astra, Jakarta, Senin (3/7/2023).

Andreas mengatakan pihaknya bekerjasama dengan Galeri Astra dalam menggelar pameran ini.

Pameran ini akan menampilkan sekitar 300 gambar dengan berbagai ukuran dan 30 sampai 40 model pembelajaran, menampilkan kreativitas dan inovasi.

"Pada studio ini kami memfokuskan diri pada aspek tektonika dan pengaruhnya pada kualitas ruang," ucap Andreas.

Baca juga: Inkubator Bisnis Industri Yogyakarta Gelar Pameran Produk Kulit

"Kami mencoba mengulik elemen arsitektur yakni, pintu, tangga, kolom, jendela. Kami mencoba melihat sisi lain dari masing masing komponen bangunan tersebut tidak sebagai obyek bangunan belaka namun menggali sisi lainnya," tambah Andreas.

Sementara itu, Rektor UPH Jonathan L. Parapak mengatakan desain arsitektur harus dapat menciptakan transformasi agar dapat terus berkembang.

Dirinya menilai pameran ini merupakan kombinasi dari kreativitas, kolaborasi, dan transformasi.

"Ini akan hanya bisa terjadi transformasi. Ini menjadi tantangan bagi kita semua untuk mengadakan transformasi dalam bidang arsitektur," tutur Jonathan.

Pameran ini dibuka untuk umum dan khususnya peminat arsitektur dari tanggal 3 sampai 9 Juli 2023 di Galeri Astra, Jln Sudirman, Jakarta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat