androidvodic.com

Kemenkes Minta Masyarakat Waspadai Gejala Antraks dan Kontak Eratnya - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, JAKARTA - Kasus penularan virus Antraks yang dialami puluhan warga Gunungkidul, Yogyakarta dan menewaskan tiga orang turut mendapatkan sorotan dari pemerintah.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Imran Pambudi meminta masyarakat mewaspadai penyakit ini.

Khususnya di wilayah yang terjangkit penyakit ini, yakni Yogyakarta.

Baca juga: Cegah Penularan Antraks, Kementan Suntik Antibiotik ke Ratusan Hewan Ternak di Gunungkidul

"Jadi memang ini suatu hal yang kita perlu waspadai bersama," kata Imran, dalam konferensi pers 'Update Situasi Antraks di Indonesia' di kanal YouTube Kementerian Kesehatan, Kamis (6/7/2023).

Ia menuturkan bahwa penyakit ini sebenarnya telah muncul di Yogyakarta pada 2016 hingga 2022, namun belum ada yang sampai meninggal dunia.

Di tahun ini, kasus Antraks mencatat angka kematian pada 3 orang warganya.

Perlu diketahui, orang pertama yang meninggal telah dinyatakan positif terinfeksi Antraks.

Sedangkan dua lainnya belum terkonfirmasi, kendati demikian dua orang ini diketahui melakukan kontak erat dengan bangkai sapi yang dikonsumsi warga Gunung Kidul.

Oleh karena itu, secara luas ia mengimbau masyarakat agar waspada jika muncul gejala yang menyerupai tanda penyakit ini.

Selain itu, masyarakat juga perlu melakukan pemeriksaan di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) jika telah melakukan kontak erat dengan sapi yang mati secara tiba-tiba.

"Bagi masyarakat, kalau terjadi gejala-gejala seperti kulit melepuh, kemudian pernah kontak dengan sapi yang tidak jelas kematiannya, maka harus segera melaporkan ke faskes," jelas Imran.

Sebelumnya, puluhan warga Kelurahan Candirejo, Gunung Kidul Yogyakarta dinyatakan positif terinfeksi virus Antraks.

Dari 125 orang yang diperiksa, sedikitnya 87 warga Dusun Jati, Gunung Kidul dinyatakan positif tertular virus ini, sedangkan satu orang meninggal dunia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat