androidvodic.com

Serahkan C-130J Super Hercules Kedua Ke KSAU, Menhan Prabowo Terkesan Pada Kemampuan Personel TNI AU - News

News, JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto resmi menyerahkan secara simbolis Pesawat C-130J Super Hercules kedua kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta pada Kamis (6/7/2023).

Prabowo mengatakan Indonesia harus memiliki kekuatan pertahanan yang tangguh di darat, laut dan udara karena merupakan negara yang sangat kaya dan dihormati oleh bangsa-bangsa lain. 

Oleh karena itu, kata dia, diperlukan kekuatan yang tangguh untuk menjaga seluruh kekayaan Indonesia. 

Ia mengucapkan selamat kepada Fadjar dan seluruh jajarannya serta mengaku bangga dengan seluruh personel TNI AU yang mampu menguasai teknologi canggih.

Prabowo juga sempat menyampaikan kesannya terhadap para teknisi perempuan yang turut ikut dalam joyflight menggunakan pesawat tersebut bersamanya dan para pejabat TNI AU.

"Saya juga tadi terkesan ada tim penerbang dan teknisi-teknisi perempuan, dan muda-muda dan tadi ikut di atas (joy flight). Tadi ada enam orang ya. Jadi ternyata perempuan kita tidak kalah dan sama terampilnya dan beraninya, dan ingin berbakti di matra udara. Jadi ini kebanggaan kita semua," kata Prabowo. 

Penyerahan pesawat C-130J dengan nomor ekor A-1340 tersebut merupakan bagian dari kontrak pengadaan lima unit pesawat C-130J Super Hercules antara Kementerian Pertahanan dengan Lockheed Martin, Amerika Serikat.

Selain untuk pertahanan, pesawat angkut jenis Hercules tersebut juga memiliki banyak kegunaaan di antaranya mendukung operasi kemanusiaan TNI di antaranya evakuasi saat bencana.

Sebelum penyerahan secara simbolis Pesawat C-130J Super Hercules Prabowo melakukan prosesi peresmian dengan pelepasan tirai logo Skadron Udara 31.

Ia juga melakukan pecah kendi dan penyiraman air kembang didampingi KSAU, Kasatgas Udara, Sekjen Kemhan, Kasum TNI, Wakasau, Dankodiklat AU serta Irjen Kemhan dan Kabaranahan Kemhan. 

Setelah penyerahan C-130J Super Hercules, KSAU memberikan cendera mata berupa miniatur pesawat C-130J Super Hercules kepada Menhan Prabowo. 

Baca juga: VIDEO Momen Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Jajal Super Hercules C-130J TNI AU

Sebelumnya, pesawat tersebut diterbangkan oleh empat kru pesawat C-130J dan langsung disambut oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsdya TNI A Gustaf Brugman setibanya di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta pada Rabu (28/6/2023) lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat