androidvodic.com

Survei LSI Denny JA: Publik yang Percaya dengan DPR RI Dominan Pilih Ganjar Pranowo sebagai Presiden - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat RI (DPR) menjadi lembaga negara paling rendah tingkat kepercayaannya terhadap publik dalam hasil survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.

Dimana dalam hasil survei itu, DPR RI hanya mendapatkan kepercayaan publik 57,6 persen, di bawah dari DPD RI dengan 60,3 persen dan KPK dengan tingkat kepercayaan 73,9 persen.

Angka tersebut dikatakan Direktur LSI Denny JA Hanggoro Doso Pamungkas memang masih di atas rata-rata, namun tidak kurang dari 60,0 persen.

"Memang mayoritas, tapi (kepercayaan publik terhadap DPR RI) masih di bawah 60 persen, kemudian yang menyatakan tidak percaya ada sebesar 39,2 persen," kata Hanggoro saat menyampaikan hasil surveinya, Senin (10/7/2023).

Dari hasil tersebut, Hanggoro memberikan pertanyaan kepada respondennya terkait dengan sosok yang bakal dipilih sebagai presiden mendatang.

Adapun dalam surveinya ini, Hanggoro menyebutkan tiga nama capres paling potensial, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Hasilnya kata dia, dominan publik yang percaya dengan kinerja DPR RI dominan memilih Ganjar Pranowo sebagai presiden.

"Mereka yang percaya dewan perwakilan rakyat dengan tingkat kepercayaan 59,0 persen, jatuh kepada Ganjar Pranowo 38,6 persen, disusul Prabowo Subianto 31,6 persen disusul terakhir Anies 20,6 persen, dengan tidak menjawab ada 9,2 persen," ucap Hanggoro.

"Publik yang paling percaya DPR paling banyak pilih Ganjar," sambungnya.

Tak hanya itu, LSI Denny JA juga menampilkan hasil survei terkait dengan tingkat kepercayaan publik kepada media dalam hal ini media televisi (TV) dan terhadap media sosial.

Hasilnya kata dia, kedua sarana informasi publik ini mendapatkan nilai kepercayaan yang berbeda.

"Jadi media ini ada dua, televisi dan Media sosial dengan memiliki tingkat kepercayaan yang berbeda, TV ini tingkat kepercayaan publiknya 65,8 persen. Kemudian juga media sosial dengan tingkat kepercayaan publik 51,6 persen," kata Hanggoro.

Dari hasil survei yang ada tersebut, LSI Denny JA mengarahkan publik untuk memilih tiga sosok yang dipilih untuk menjadi presiden dalam pilpres mendatang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat