androidvodic.com

KSAD: TNI AD Sudah Siapkan Personel dan Materil Untuk Latgab TNI 2023 - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengatakan jajarannya telah menyiapkan personelnya untuk mengikuti Latihan Gabunamgan TNI 2023 yang rencananya akan digelar dalam waktu dekat.

Dudung mengatakan saat ini Kodiklat TNI AD tengah melakukan penyesuaian dengan masing-masing matra yang turut serta dalam latihan tersebut.

"Kalau persiapan dari TNI Angkatan Darat sudah kita siapkan, baik personel maupun materil sudah kita siapkan. Kita tinggal menunggu bagaimana Kodiklat TNI Angkatan Darat untuk menggabungkan dari masing-masing angkatan bagaimana skenario latihan dan sebagainya," kata Dudung di Mabesad Jakarta pada Senin (10/7/2023).

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono sebelumnya mengatakan Latihan Gabungan (Latgab) TNI 2023 di antaranya juga ditujukan untuk menguji kesiapsiagaan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) TNI melaksanakan keamanan militer dalam rangka menghadapi kemungkinan kontijensi.

Selain itu, kata dia, Latgab juga ditujukan untuk meningkatkan daya tempur satuan TNI, terujinya kemampuan alutsista yang dimiliki TNI, terujinya kemampuan interoperabilitas angkatan dan terujinya doktrin, prosedur dan organisasi dalam pelaksanaan keamanan militer (Kammil) maupun operasi gabungan.

Hal tersebut disampaikannya saat mengawali rapat paparan Latihan Gabungan (Latgab) TNI 2023 oleh Dankodiklat TNI Letjen TNI Eko Margiyono di Wisma Ahmad Yani Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa (4/7/2023).

"Jadi latihan puncak masing-masing tidak ada artinya kalau tidak ada perubahan, karena memang di dalam Keputusan Peraturan Panglima TNI tentang latihan gabungan ini, sistem pertahanan kita masih menggunakan operasi gabungan TNI," kata Yudo dalam keterangan resmi Puspen TNI pada Rabu (5/7/2023).

Yudo juga menyampaikan Latihan gabungan TNI tahun 2023 akan melaksanakan sejumlah materi latihan.

Baca juga: KSAD Soroti Kepedulian Media Terhadap Permasalahan Human Security

Materi tersebut, kata dia, di antaranya operasi udara gabungan, operasi laut gabungan, operasi amphibi, operasi pendaratan administrasi, operasi lintas udara, operasi pendaratan gabungan dan operasi dukungan (Pasukan khusus, bantuan tempur dan penerangan).

Rencananya, kata dia, latihan-latihan tersebut akan dilaksanakan di tiga tempat yaitu Kogabwilhan I di Dabo Singkep Riau, Kogabwilhan II di Asembagus dan Kogabwilhan III di Manokwari selatan.

Selan itu, kata dia, pada bulan Juli ini TNI kita juga akan menyelenggarakan latihan besar yaitu Super Garuda Shield di Situbondo dan itu melibatkan beberapa negara.

"Mari kita laksanakan latihannya seperti perintah operasi gabungan TNI, yang masing-masing matra yang juga menyusun dari tugas Kogasgab, Kogasgab diberikan kepada matra masing-masing," kata Yudo.

Turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Kasum TNI, Irjen TNI, Pangkobgabwilhan I,II dan III serta Dansesko TNI, para Asisten Panglima TNI, Dankoopssus TNI, Kapuspen TNI dan para Pejabat Utama dari tiga matra.

Latgab TNI Tahun 2023 rencananya akan dilaksanakan di tiga spot yakni di Dabo Singkep Kepulauan Riau, Asem Bagus Jawa Timur dan Morotai Maluku Utara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat