androidvodic.com

Guru Besar UNJ: Strategi Komunikasi Berperan Penting dalam Pembangunan Bangsa - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Guru Besar Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Prof Dr Fathiaty Murtadho mengatakan strategi komunikasi berperan penting dalam membangun Indonesia menjadi bangsa yang maju.

Komunikasi efektif, menurut Fathiaty, dapat menghubungkan berbagai pihak, mempengaruhi pandangan, dan sikap masyarakat.

Hal ini disampaikan Prof Dr Fathiaty Murtadho pada Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Pada orasi ilmiahnya yang berjudul Merencanakan Indonesia Baru dari Sudut Komunikasi, Prof Fathiaty mengatakan, strategi komunikasi memiliki peran penting dalam membangun Indonesia menjadi bangsa yang maju.

"Komunikasi yang efektif dapat menghubungkan berbagai pihak, mempengaruhi pandangan dan sikap masyarakat, serta mendorong kerja sama yang lebih baik antara pemerintah, sektor swasta, masyarakat sipil, dan semua stakeholder terkait," katanya.

Menurutnya, beberapa peran strategi komunikasi dalam membangun Indonesia menjadi bangsa yang maju.

Komunikasi dapat membangun kesadaran dan pemahaman, membangun citra positif, mendorong partisipasi masyarakat, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, mendorong inovasi dan kolaborasi, dan mengatasi kesenjangan informasi.

Baca juga: Andi Andriansyah Yakin UMB Akan Lahirkan Kembali Guru Besar di Bidang Ilmu Komunikasi Lainnya

Dia menjelaskan, untuk menyiapkan mahasiswa agar mampu menerapkan strategi komunikasi, adalah melalui kurikulum yang terintegrasi, pelatihan keterampilan komunikasi, dan pengembangan kepekaan lintas budaya.

"Langkah selanjutnya adalah penerapan teknologi komunikasi, pengalaman praktis, dan pembelajaran sepanjang hayat," ucap Fathiaty.

Sementara itu, selain Prof Fathiaty, UNJ mengukuhkan dua guru besar lainnya dari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) dan Fakultas Ilmu Sosial (FIS).

Rektor UNJ Prof Komarudin mengatakan, pengukuhan tiga guru besar dari Fakultas Bahasa dan Seni dan Fakultas Ilmu Sosial ini merupakan rangkaian pengukuhan prosesi guru besar ke empat di 2023.

Tiga guru besar yang dikukuhkan UNJ, adalah Prof Dr Fathiaty Murtadho dengan orasi ilmiah Merencanakan Indonesia Baru dari Sudut Komunikasi.

Kemudian Prof Dr Dinny Devi Triana dengan orasi ilmiah Penilaian Hasil Belajar Pratktik Tari Berbasis E-Assesment dalam Penerapan Merdeka Belajar.

Lalu Prof Dr Desy Safitri dengan orasi ilmiahnya Kecerdasan Ekologis di Era Digital dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat