androidvodic.com

Ini 8 Kesepakatan Indonesia dan Cina Dalam Kunjungan Presiden Jokowi ke Chengdu - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

News, JAKARTA - Kunjungan Joko Widodo (Jokowi) ke Chengdu, Cina pada hari pertama menghasilkan 8 kesepakatan.

Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi lewat video conference terkait Kunjungan Presiden Jokowi ke Chengdu, pada tanggal 27-28 Juli 2024.

Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping, di Chengdu, Tiongkok, Kamis (27/7/2023).

Kedua kepala negara membahas sejumlah kerja sama, di antaranya kerja sama dalam bidang perdagangan, kesehatan, dan investasi.

Jokowi dan Xi Jinping juga membahas isu regional dan global, dimana Indonesia menegaskan agar Tiongkok menjaga perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran kawasan Indo-Pasifik.

"Presiden menyampaikan bahwa rivalitas antara major powers harus dikelola agar tidak menimbulkan konflik yang merugikan kawasan. Beliau menyambut baik dimulainya kembali komunikasi antara RRT dan Amerika Serikat," kata Retno.

Baca juga: Hari Ini Jokowi Bertemu Bos BYD, Bahas Investasi Pabrik Mobil Listrik di Indonesia

Adapun 8 kesepakatan Indonesia Tiongkok, antara lain Plan of Action dari MoU Kesehatan, protokol pembukaan akses pasar untuk produk pertanian tepung porang, dan Protokol pembukaan akses pasar produk pertanian bubuk tabasheer.

Kedua negara juga meneken MoU riset dan pengembangan industri plant breeding dan budi daya laut, MoU kerja sama saling tukar pengetahuan dan pengalaman untuk pembangunan IKN, dan MoU kerja sama “Two Countries, Twin Parks.”

Baca juga: Presiden Jokowi Minta Tiongkok Jaga Stabilitas di Indo-Pasifik 

Kedua negara juga menyepakati MoU Kerja Sama Ekonomi dan Teknis dan MoU kerja sama pendidikan bahasa Mandarin.

"Di luar itu juga ada deliverables berupa komitmen investasi yang detailnya akan disampaikan besok setelah pertemuan bisnis," ungkap Retno.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat