androidvodic.com

INTERNATIONAL GEBYAR CITRA PEMUDA 2023, The First WRE Orienteering Competition in Indonesia - News

News -  Kali ini Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam Eka Citra Universitas Negeri Jakarta akan melaksanakan perlombaan Orienteering bertaraf Internasional bertajuk “International Gebyar Eka Citra Pemuda 2023”.

Sebelumnya KMPA Eka Citra pernah mengadakan perlombaan yang serupa pada tahun 2019. Namun, pada tahun 2023 ini International Gebyar Citra Pemuda merupakan perlombaan orienteering pertama kali di Indonesia yang tercatat di World Ranking Event (WRE) yang tentunya dapat kalian lihat di website IOF (International Orienteering Federation) ranking.orienteering.org.

Dengan mengusung tema Synergize Youth in Challenging World, IGCP 2023 mengajak pemuda Indonesia maupun dunia untuk berkolaborasi dan bangkit kembali pasca pandemi COVID-19.

Hal ini juga menjadi perhatian bersama mengingat dunia baru kita sekarang ini sedang menuju ke perubahan yang cukup cepat dan menjadikannya suatu tantangan pemuda masa kini.

Rekam Jejak IGCP tidak hanya di tahun 2019 saja, menilik beberapa tahun ke belakang, lebih dari satu dekade KMPA Eka Citra UNJ berhasil menyelenggarakan event perlombaan yang serupa.

Event ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2009 dengan nama Gebyar Citra Pemuda 2009. Lalu pada tahun 2013 Gebyar Citra Pemuda berhasil diselenggarakan kembali dan diikuti oleh 79 orang peserta

Lalu sebagai komitmen perubahan kemajuan kami, pada tahun 2019 Gebyar Citra Pemuda berubah nama menjadi International Gebyar Citra Pemuda dan berhasil diselenggarakan dengan diikuti oleh, 148 peserta dari 6 negara yaitu; Indonesia, Malaysia, Chinese Taipei, Thailand, Kenya, Portugal.

International Gebyar Citra Pemuda 2023 kali ini akan digelar selama 3 hari yaitu dimulai dari tanggal 1-3 September 2023 berlokasi di TMII (Taman Mini Indonesia Indah), Jakarta.

TMII dipilih sebagai lokasi perlombaan dengan tujuan untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada peserta perlombaan ini.

Diharapkan untuk peserta dalam negeri yang mengikuti event ini dapat menambah rasa cinta dan bangga akan tanah air Indonesia dengan ragam budayanya. Dan untuk peserta Internasional yang mengikuti event ini, mereka dapat mengenal budaya Indonesia yang unik dan beragam.

Rangkaian acara IGCP 2023 meliputi upacara pembukaan yang akan menampilkan budaya kesenian Indonesia khususnya budaya Betawi dan bertempat di kampus A UNJ.

Selanjutnya untuk perlombaan Orienteering akan dilaksanakan di TMII. Terakhir akan ada upacara penutupan berupa festival budaya, pameran UMKM, dan Konser Musik dengan mengundang artis dan band ibu kota.

Untuk info selengkapnya kunjungi website kami ekacitraunj.com dan Instagram kami @igcp.id dan @ekacitraunj.

(Ayu Arista Nuragustina)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat