androidvodic.com

Kunker ke Chile, Anggota Baleg DPR Pelajari Sistem dan Kebijakan Industri Farmasi - News

News, JAKARTA - Anggota Badan Legislatif (Baleg) DPR RI, Darmadi Durianto mengungkapkan, pihaknya kini tengah melaksanakan tugas kunjungan kerja (kunker) ke salah satu negara Amerika Latin yakni Chile dalam rangka menimba ilmu terkait tata kelola industri farmasi.

Darmadi beralasan, kunker Baleg ke Chile karena negara tersebut dianggap berhasil dalam menjalankan sistem dan kebijakan di sektor farmasi.

Sekedar informasi, Chile adalah salah satu negara Amerika Latin yang cukup berhasil melewati pandemi Covid-19 kemarin dan perekonomiannya (Produk Domestik Bruto) pun tumbuh diangka 5,4 persen.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di negara tersebut juga merupakan yang tertinggi diantara negara-negara Amerika Latin lainnya. Pendapatan Rumah Tangga per Kapita negara berpenduduk mayoritas beragama Katolik ini, dilaporkan sebesar 7,871.269 USD pada 2017.

"Kunjungan kami (Baleg DPR RI) untuk mempelajari system dan kebijakan industri farmasi terutama distribusi obat-obatan. Kunker ini juga sebagai upaya kita mencari beragam masukan untuk kita bahas dalam RUU Farmasi," kata Darmadi Durianto, Anggota Komisi VI DPR RI itu, Rabu (2/8/2023).

Baca juga: Baleg Sepakati RUU Desa Jadi Usul Inisiatif DPR, Siap Dibawa ke Rapat Paripurna

Sistem dan kebijakan di sektor farmasi di negara tersebut, kata dia, cukup mengesankan dan patut untuk diadopsi di Indonesia.

"Kita belajar soal sistem distribusi obat-obatan karena mereka cukup berhasil. Sistem distribusi yang mereka terapkan membuat harga obat lebih murah tapi obat tersebut berkualitas dan sampai ke seluruh rakyat Chile. Ini saya kira perlu kita pelajari," imbuh Politikus PDIP itu.

Selain itu, kata dia lagi, kunker ke Chile juga sebagai bahan untuk forum pertemuan comprehensive economic partnership agreement (CEPA) yang akan digelar di Indonesia nanti.

"Hasil kunker kita ini nantinya kita sampaikan kepada pemerintah sebagai bahan masukan ketika Indonesia menggelar forum bilateral dengan Chile melalui forum CEPA nanti," ujar Darmadi Durianto.

Darmadi mengungkapkan, dalam kunkernya ke Chile, rombongan Baleg DPR RI bertemu langsung dengan kepala Cenebast, Chile.

"Pertemuan dengan kepala Cenebast yang bernama Espina Ampuero. Kami cukup terharu karena kedatangan kami ke Chile disambut dengan hangat dan penuh keakraban," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat