androidvodic.com

Wamendag Akui Industri Batubara Sebagai Penopang Utama Neraca Perdagangan Negara - News

News, MUSI RAWAS UTARA - Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga melakukan kunjungan kerja ke wilayah Sumatera Selatan khususnya Musi Rawas Utara untuk meninjau langsung produksi industri batubara.

Kali ini, wamendag didampingi,asisten II Bupati suharto, kapolres muratara AKBP Koko Arianto,dandim muratara Letkol Anggeng Prasetyo,serta kepala dinas esdm provinsi sumsel, mengunjungi salah satu tambang batubara yang telah berdiri satu dekade lebih yakni PT Gorby Putra Utama yang berada di wilayah kabupaten musi rawas utara.

Dalam kunjungannya, wamendag melihat langsung bagaimana produksi batubara dengan didampingi langsung oleh CEO PT. Gorby Putra utama Hariara Tambunan beserta kepala teknik tambang Wahyu Tambunan.

Jerry mengatakan, batubara merupakan salah satu produk ekspor unggulan ke mancanegara yang menjadi penopang utama neraca perdagangan dan perkonomian Indonesia.

Untuk itu dirinya berharap sektor industri batubara ini kedepan akan terus bersinergi dan berkontribusi bersama dengan pemerintah untuk mewujudkan neraca perdagangan yang surplus.

"Tentunya kami berharap agar kedepannya, sektor ini agar dapat lebih banyak lagi memberikan kontribusi-kontribusi, sehingga neraca perdagangan yang surplus, yang artinya ekspor lebih besar daripada impor dapat terwujud dan lebih maksimal lagi," katanya dalam keterangan yang diterima, Minggu (6/8/2023).

Sementara itu, CEO PT. Gorby Putra Utama, Hariara Tambunan menjelaskan, pihaknya berterima kasih kepada pemerintah yang masih mempercayakan sektor industri batubara ini sebagai salah satu penopang perekonomian nasional.

Dirinya akan akan selalu siap dan terus berkomunikasi dengan baik dengan pemerintah pusat maupun daerah demi mewujudkan perekonomian Indonesia yang lebih maju dan hebat.

Oleh karena itu, Hariara menambahkan, pihaknya berharap agar pemerintah mau memberikan perlindungan hukum sesuai dengan aturan yang ada agar produksi tetap berjalan serta pemasukan negara terus meningkat.

"Dengan produksi tetap berjalan, pemasukan negara tetap baik, kita akan selalu menjalankan sesuai aturan yang ada, kita harapkan pemerintah juga melindungi kita dari hukum-hukum yang benar dan yang telah kita lakukan tetap berjalan sampai selesai," ujarnya.

Baca juga: Wamendag: Uni Eropa Berlakukan UU Anti Deforestasi karena Takut Bersaing dengan Produk CPO RI

Di sisi lain, gubernur sumatera selatan yang diwakili oleh kepala dinas ESDM, Hendriansyah menjelaskan, Perizinan PT Gorby Putra Utama dan PT Gorby Energi, keduanya sudah lengkap sampai Clean and Clear dari kementerian ESDM dan telah sesuai dengan permendagri no.76 tahun 2014 terkait batas wilayah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat