androidvodic.com

PAN Buka Peluang Berkoalisi Dengan PKB: Bumi dan Matahari Itu Harus Bersatu - News

News, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi menegaskan hubungan antara Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin terjalin dengan baik.

Demikian disampaikan oleh Viva Yoga saat ditanya pernyataan elite PKB yang mengaku belum berkomunikasi dengan PAN. Khususnya mengenai usulan PAN yang meminta Menteri BUMN Erick Thohir menjadi cawapres Prabowo Subianto.

"Bang Zul dengan Cak Imin itu dekat sebenarnya. Jadi kalau pernyataan-pernyataan di media biasalah seperti itu," kata Viva saat ditemui di Kantor DPP PAN, Jakarta, Senin (7/8/2023).

Karena itu, kata Viva, PAN dan PKB memiliki kemungkinan untuk bergabung dalam koalisi yang sama. Apalagi, simbol PAN dan PKB memiliki makna yang saling melengkapi.

"Kalau dilihat, PKB simbol bumi, ya kan. PAN simbol matahari. Jadi bumi dan matahari itu harus bersatu," tandasnya.

Sebelumnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menanggapi soal kemungkinan bergabungnya Partai Amanat Nasional (PAN) dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Namun, jikapun nantinya bergabung PAN diketahui akan mendorong nama Erick Thohir sebagai bakal cawapres untuk Prabowo Subianto.

Menanggapi hal itu, Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan wajar jika PAN mengajukan sosok untuk menjadi cawapres. Hanya saja Cucun menyinggung soal perjanjian yang sudah dijalin antara PKB dan Gerindra.

"Ya itu haknya PAN. Tapi kita ingatkan dari awal PKB dan Gerindra sudah sejak awal kita duduk bareng menandatangani suatu kesepakatan perjanjian nanti yang tetap mengambil keputusan pak Prabowo dan Gus Imin," kata Cucun saat ditemui di Kantor DPP PKB, Menteng, Jakarta, Kamis (20/7/2023).

Atas hal itu, Cucun menilai kalau sah-sah saja apabila PAN mendorong nama Erick Thohir sebagai cawapres.

Namun tetap, kesepakatan yang sudah ada di dalam KKIR, bahwa terkait capres-cawapres berada di tangan dari Prabowo dan Cak Imin.

"Jadi sah-sah aja kalau PAN mau ngajuin siapa tapi harus lihat juga bahwa PKB sudah lebih dahulu, kalo PAN mau ngajuin siapa harus ngobrol sama Gus Imin juga tidak hanya pak Prabowo," tutur dia.

Akan tetapi, Cucun belum dapat memastikan sudah sejauh mana pembahasan terkait nama cawapres tersebut.

Baca juga: PAN Tegaskan Tutup Pintu Koalisi Bareng Parpol Pendukung Anies Baswedan Jadi Capres

Termasuk kata dia, tidak akan dibahas dalam peringatan hari ulang tahun ke-25 tahun PKB, Minggu 23 Juli besok.

"Sampai sekarang belum ada. saya pastikan. kalo diharlah kan itu bukan forum resmi itu hanya silaturahmi nanti," tukas dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat