androidvodic.com

Australia Donasi 400.000 Dosis Vaksin Rabies Anjing untuk RI, Disalurkan di Bali dan Timor Barat - News

News, JAKARTA - Australia mendonasikan sebanyak 400.000 dosis vaksin rabies anjing untuk Indonesia.

Dari 400.000 dosis vaksin, 200.000 dosis diluncurkan di Bali, dengan 200.000 lainnya digunakan untuk memerangi wabah rabies darurat di Timor Barat.

Konsul-Jenderal Australia, Anthea Griffin, secara resmi menyerahkan 400.000 dosis vaksin rabies anjing dari Pemerintah Australia kepada Pemerintah Indonesia di Denpasar, Bali, Selasa (15/8/2023).

"Vaksinasi anjing menyelamatkan nyawa manusia, dan partisipasi masyarakat sangat penting dalam mengendalikan rabies anjing di mana pun,” kata Griffin dalam pernyataanya.

Pemberian vaksin telah dimulai sejak 20 Juli 2023.

Direktur Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian RI, Dr Nuryani Zainuddin mengatakan Indonesia telah memvaksinasi lebih dari 89.000 anjing dalam 7 minggu di daerah wabah Bali dan Timor Barat.

Sementara itu, Kepala Petugas Veteriner Australia, Dr Mark Schipp, mengatakan lebih dari 99 persen kasus rabies pada manusia disebabkan oleh gigitan atau cakaran dari anjing yang terinfeksi. 

Baca juga: Anjing Diduga Rabies yang Gigit Anggota Polisi dan 2 Anak-anak di Dompu NTB Akhirnya Dibunuh Warga

Oleh sebab itu, vaksin-vaksin dari Australia diharapkan akan semakin memperkuat dukungannya untuk pengendalian rabies di wilayah tersebut. 

"Rabies 100 persen dapat dicegah melalui vaksinasi rutin pada anjing, mencegah penularan ke manusia—terutama anak-anak yang menyebabkan lebih dari 40 persen kematian akibat rabies,” ujarnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat