androidvodic.com

Presiden Jokowi Kukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka 2023 - News

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden Maruf Amin mengukuhkan para pelajar SMA yang menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2023, di halaman Istana Negara, Jakarta, pada Selasa (15/8/2023) petang.

Dalam upacara pengukuhan tersebut, Presiden Jokowi bertindak sebagai pembina upacara. Sedangkan pemimpin upacara merupakan anggota Paskibraka 2023 dari Kalimantan Tengah, Kachina Ozora.

Baca juga: Jelang Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78, Najwa Shihab Beri Motivasi untuk Calon Paskibraka 2023

Ia juga mewakili rekan-rekannya untuk memegang bendera Merah Putih saat pengucapan ikrar Putra Indonesia.

Sebelum dikukuhkan para Anggota Paskibraka 2023 membacakan Ikrar terlebih duhulu yang dipandu Kepala BPIP Yudian Wahyudi.

Selanjutnya, Presiden membacakan pernyataan pengukuhan sebagai anggota Paskibraka yang akan bertugas pada saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023 mendatang di Istana Merdeka, Jakarta.

Sementara pada sore harinya, mereka juga akan kembali bertugas dalam upacara penurunan bendera.

Baca juga: Jadi Anggota Paskibraka, Pelajari Tahapan Seleksinya hingga Perhatikan Penampilanmu

Setelah itu Presieden Jokowi kemudian membacakan pernyataan Pengukuhan yang dilanjutkan penyematan kepada perwakilan anggota Paskibraka 2023.

“Dengan memohon ridho Allah Yang Maha Kuasa. Pada hari ini saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai pasukan pengibar bendera pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus 2023. Semoga Tuhan yang maha kuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara,” ucap Presiden.

Sama seperti tahun lalu pasukan pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih tahun ini akan dilakukan dengan formasi lengkap 17-8-45. nama yang akan mengisi formasi tersebut baru akan diumumkan pada 17 Agustus pagi.

Jumlah Paskibraka pada tahun ini sebanyak 76 orang dari 38 Provinsi. Masing-masing provinsi mengirimkan dua orang yang terdiri dari putra dan putri. Jumlah ini bertambah 8 orang pada tahun ini seiring dengan adanya empat provinsi baru di wilayah Papua.

Turut hadir dalam acara pengukuhan tersebut Ibu Negara Iriana Jokowi, Ibu wakil Negara Wurry Ma'ruf Amin, Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri,Menseskab Pramono Anung,  Menpora Dito Ariotedjo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menko PMK Muhadjir Effendy, dan lainya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat