androidvodic.com

Jokowi Pakai Baju Adat dari Daerah Tanimbar Maluku dalam Pidato Kenegaraan - News

News - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta hari ini, Rabu (16/8/2023).

Pertama, Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengenakan baju adat dari daerah Tanimbar Maluku.

Sementara, Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin mengenakan pakaian adat Betawi.

Sesampainya di Kompleks Parlemen pukul 08.33 WIB, Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin kemudian diantar menuju ruang tunggu sebelum menyampaikan pidato.

Baca juga: Link Live Streaming Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi 16 Agustus 2023

Presiden Jokowi nantinya akan menyampaikan pidato dalam rangka Penyampaikan Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara dan Pidato Kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI.

Selain itu, Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato pada Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2023-2024 yang akan dimulai pada pukul 13.30 WIB. 

Presiden juga akan berpidato dalam rangka Penyampaian Pengantar/Keterangan Pemerintah atas Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2024 beserta Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya.

Baca juga: Jokowi akan Umumkan Kenaikan Gaji PNS dalam Pidato Kenegaraan Siang Ini, DPR Bocorkan Persentasenya

Sidang tersebut, kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, dihadiri oleh sekitar 1.549 undangan.

"Terdiri dari Presiden RI dan Wakil Presiden RI, mantan Presiden RI dan mantan Wakil Presiden RI, mantan Ketua MPR RI/DPR RI/DPD RI, pimpinan lembaga negara, seluruh anggota MPR RI, menteri Kabinet Indonesia Maju, dan pejabat setingkat menteri, ketua umum partai politik yang mewakili keterwakilan di DPR RI, raja-raja nusantara, ketua ormas keagamaan serta perwakilan teladan dari seluruh nusantara,” ujar Bamsoet, dilansir dari setkab.go.id, Rabu.

Kemudian, berdasarkan pantauan dari News, kini sudah ada sekitar 300 undangan yang menghadiri sidang tersebut.

(News/Rifqah)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat