androidvodic.com

Mengenal Kain Tenun Ikat Tanimbar, Pakaian Adat yang Dikenakan Jokowi saat Sidang Tahunan MPR RI - News

News - Mengenal pakaian adat yang dikenakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Sidang Tahunan MPR RI.

Presiden Jokowi menghadiri Sidang Tahunan MPR bersama DPR dan DPD RI di Kompleks Parlemen Jakarta hari ini, Rabu (16/8/2023) pagi.

Diketahui, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Kain Tenun Ikat Tanimbar yang berasal dari Maluku.

Baju adat tersebut terdiri atas celana panjang dan kemeja panjang.

Kedatangan Jokowi disambut oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, dan Ketua DPD RI, La Nyalla Mattalitti.

Presiden Jokowi kembali mengenakan pakaian adat saat menghadiri Sidang tahunan MPR bersama DPR dan DPD RI. Kali ini memakai adatdaerah Tanimbar Maluku
Presiden Jokowi kembali mengenakan pakaian adat saat menghadiri Sidang tahunan MPR bersama DPR dan DPD RI. Kali ini memakai adatdaerah Tanimbar Maluku (kolase/tangkap layar Youtube Sekretariat Presiden)

Baca juga: Alasan Jokowi Kenakan Pakaian Adat Tanimbar di Sidang Tahunan MPR, Beri Pesan Persatuan

Kain Tenun Ikat Tanimbar

Dihimpun dari Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Maluku, pakaian adat yang dikenakan Presiden Jokowi ini adalah Kain Tenun Ikat Tanimbar.

Kain Tenun Ikat Tanimbar ini berasal dari Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Pakaian adat ini merupakan salah satu jenis kain tradisional Indonesia yang dibuat dengan prinsip yang sederhana, yaitu dengan menggabungkan benang secara memanjang dan melintang.

Selain itu, Kain Tenun Ikat Tanimbar ini memiliki motif dan warna yang beragam, serta didominasi garis-garis dan diselingi dengan corak tertentu yang di adaptasi dari alam sekitarnya.

Seperti motif binatang, motif tumbuhan, dan motif manusia.

Pakaian adat Kain Tenun Ikat Tanimbar ini juga biasanya digunakan untuk pengalungan kepada setiap tamu-tamu penting yang datang ke Maluku.

Dikutip dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Kepulauan Tanimbar sendiri bagian dari gugus pulau di Maluku yang terletak di bagian selatan.

Secara geografis, Pulau Tanimbar berbatasan langsung dengan laut Banda, di bagian utara, bagian selatan berbatasan dengan laut Timor dan Arafura, bagian barat berbatasan dengan gugus Pulau Babar, Kabupaten Maluku Barat Daya, dan bagian timur berbatasan dengan laut Arafura.

(News/Pondra)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat